Jawa Pos

BCA Kembangkan Minat Baca Anak

Adakan Program Gerakan Buku untuk Indonesia

-

MEMBACA salah satu cara membuka jendela dunia. Aktivitas tersebut terus ditanamkan sejak dini, agar menjadi bagian gaya hidup di masa depan kelak. Namun sayang, ketika melihat hasil studi Most Littered Nation in The World yang dilakukan oleh Central Connecticu­t State University pada 2016, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat baca. Indonesia persis berada di bawah Thailand dan di atas Botswana.

Menyimak kondisi itu, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melalui forum Kafe BCA V menyelengg­arakan diskusi bertema Membaca dari Generasi ke Generasi bersama para pakar. Di antaranya, Kepala Perpustaka­an Nasional Republik Indonesia Muh. Syarif Bando, Dekan Fakultas Psikologi Universita­s Indonesia Tjut Rifameutia Umar Ali, dosen Sosiologi Universita­s Indonesia Lucia Ratih Kusumadewi, dan

host Kick Andy Metro TV Andy F. Noya. Dalam diskusi itu dijabarkan beragam faktor yang mempengaru­hi rendahnya minat baca anak. Di antaranya kebiasaan menikmati informasi instan dari gadget maupun media sosial yang pertumbuha­nnya pesat. Anak menjadi tidak betah berlama-lama ketika membaca buku.

’’Saat ini, salah satu kemudahan teknologi adalah tersebarny­a informasi dalam waktu singkat dan cepat. Jadi, begitu anak-anak memperoleh informasi yang diinginkan, mer- eka akan berhenti di situ. Sementara kegiatan membaca buku salah satu cara memancing imajinasi, merefleksi­kan, menumbuhka­n ide-ide kreatif, dan menuntut ketahanan konsentras­i anak,” jelas Dekan Fakultas Psikologi Indonesia Tjut Rifameutia Umar Ali.

Dalam kesempatan itu juga, BCA berkomitme­n untuk menumbuhka­n kembali semangat membaca di berbagai pelosok Indonesia dengan memperkena­lkan dan mengajak masyarakat untuk berpartisi­pasi dalam gerakan berbagi Buku untuk Indonesia. ’’Melalui gerakan Buku untuk Indonesia, BCA mengajak seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk ikut ambil bagian, sehingga anak-anak hingga ke pelosok Indonesia mendapatka­n akses buku sebagai sarana penunjang belajar,’’ ujar Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmad­ja.

BCA menyediaka­n paket berbagi Buku untuk Indonesia. Diharapkan, hal itu dapat menginspir­asi masyarakat luas untuk berbagi dan peduli pada anak-anak di daerah yang masih terkendala akses ketersedia­an buku yang memadai.

Seluruh dana paket berbagi yang terkumpul nantinya akan digunakan untuk kebutuhan pembelian buku dan disalurkan ke berbagai daerah Indonesia. Bagi setiap penyumbang paket berbagi akan mendapatka­n satu kaos apresiasi berbahan

dri-fit dengan pilihan warna mulai dari biru, merah, putih, dan hijau toska. Informasi pengumpula­n dana paket berbagi dan penyaluran buku dapat diakses melalui www.bukuuntuki­ndonesia.com. ( xav)

 ?? BCA FOR JAWA POS ?? TUMBUHKAN SEMANGAT: Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmad­ja (kiri) mengajak masyarakat Indonesia untuk berpartisi­pasi dalam program gerakan berbagi Buku untuk Indonesia Rabu (15/3) di Menara BCA, Jakarta.
BCA FOR JAWA POS TUMBUHKAN SEMANGAT: Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmad­ja (kiri) mengajak masyarakat Indonesia untuk berpartisi­pasi dalam program gerakan berbagi Buku untuk Indonesia Rabu (15/3) di Menara BCA, Jakarta.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia