Jawa Pos

Belum Ada Yang Jadi Tersangka

-

Kapolresta Sidoarjo Kombespol Muhammad Anwar Nasir menambahka­n, upaya pencarian korban tidak serta-merta berhenti. Menurut dia, pencarian tetap berlanjut meski tidak secara terpusat. ”Informasi mengenai korban yang belum ditemukan sudah menyebar ke masyarakat. Bantuan dari warga sangat berarti,” tambahnya.

Selain mencari korban, polisi mengambil sikap atas tragedi tersebut. Pihaknya memberi instruksi agar operasiona­l semua penambanga­n perahu di kawasan Balongbend­o ditutup untuk sementara waktu. ”Sudah ada koordinasi dengan Dishub Jatim karena menyangkut dua kabupaten. Nanti dicek lebih dulu layak atau tidaknya untuk kembali dibuka,” paparnya.

Pihaknya memahami bahwa keberadaan penambanga­n perahu tersebut begitu dibutuhkan masyarakat. Apalagi, penutupan operasiona­l perahu tambang sudah pasti berimbas pada ekonomi pemiliknya. Meski begitu, pihaknya tidak ingin mengambil risiko. Jalan tengah yang diambil adalah memberikan standarisa­si perahu tambang.

” Jangka panjangnya adalah pembanguna­n jembatan. Nah, yang perlu diperhatik­an adalah jangka pendeknya,” ucapnya. Untuk jangka pendek, lanjut dia, evaluasi kondisi perahu tambang harus menjadi salah satu fokus. Selain itu, harus ada pembinaan terhadap operator penambanga­n agar selalu mengutamak­an keselamata­n penumpang. ” Bisa dengan memberi pelampung atau semacamnya,” lanjutnya.

Sementara itu, penyelidik­an insiden tambangan yang merenggut sejumlah nyawa tersebut terus berlanjut. Polisi sudah meminta keterangan dari beberapa saksi. Mulai operator perahu, penumpang yang selamat, hingga warga yang ikut menolong korban. ”Belum ada yang ditetapkan sebagai tersangka,” ujar Wakasatres­krim Polresta Sidoarjo AKP Teguh Setiawan.

Dia menerangka­n, pihaknya ha rus mengumpulk­an lebih ba nyak keterangan. Setelah me meriksa para saksi yang berkaitan dengan peristiwa itu, pen yidik me minta bantuan saksi ahli. ”Saksi ahli akan memastikan bera pa beban perahu seha rus nya, keselamata­n penumpang bagaimana, dan memastikan arus sungai di lokasi sebenarnya layak atau tidak untuk dilewati perahu tam bang,” terangnya.

Sebelumnya, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah meminta pihak yang ber wenang menghentik­an operasiona­l tambangan di wilayah Balongbend­o. Operasiona­l seluruh tambangan yang tidak layak harus dihentikan. Selain tidak berizin, faktor keselamata­n penumpang mesti diutamakan. (edi/c16/pri)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia