Jawa Pos

Lampion-Kembang Api Buka Festival

-

BOJONEGORO – Kembang api dan pelepasan ratusan lampion ke atas langit Desa Sumberarum mengiringi pembukaan Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka Jatim 2017 Zona Bojonegoro. Atraksi itu berlangsun­g bersamaan dengan sirene yang dibunyikan Asisten II Bupati Bojonegoro Setyo Yuliono.

Setyo menuturkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro menyambut antusias kegiatan tersebut. Apalagi, menurut dia, Pramuka adalah tempat lahirnya karakter harapan bangsa. Setyo berharap pemilihan Sumberarum dapat mendorong perwujudan desa wisata.

Wakil Ketua Gudep Kwarda Jatim Sunyoto Hadi Prayitno menyatakan, kegiatan itu adalah latihan kecil bagi Pramuka untuk membangun masyarakat. ’’Mereka akan menyumbang­kan tenaga dan pemikirann­ya untuk kegiatan peduli masyarakat ini,’’ ujarnya.

Dalam pembukaan tadi malam (24/4), ditampilka­n pula police scout. Tarian bendera dari kelompok Pramuka binaan kepolisian itu menyemarak­kan suasana. Seluruh peserta turut merapat dan memenuhi seluruh area di depan panggung. Mereka melebur dengan masyarakat sekitar yang juga antusias dengan beragam hiburan malam itu.

Kemarin pagi deretan rumah juga mulai dipercanti­k. Warna-warni dari hasil bakti pengecatan pada hari per tama sudah mulai terlihat. Sebanyak 1.000 Pramuka penegak dan pandega datang dari Kwartir Cabang Bojonegoro dan Tuban. Semuanya bertugas mendorong terwujudny­a Desa Wisata Sumberarum. Mereka mengecat 100 rumah di 11 RT di se panjang jalan me nuju tempat Sumber Air Abadi. Yakni, sebuah sumber air tanah yang direncanak­an sebagai ikon wisata desa yang me- miliki tujuh gua tersebut.

Tidak seluruh peserta adalah perwakilan gugus depan. Ada pula komunitas yang turut serta. Misalnya, komunitas penggemar Slank hingga GBB (Grup Berita Bojonegoro).

Tidak hanya mengecat rumah warga, ada peserta yang kebagian mengecat sebuah salon. Yoga Prastia, salah seorang peserta dari Dewan Kerja Ranting Semanding, Tuban, punya tantangan tersendiri untuk membuat tempat usaha itu kian menarik. ’’Kami cat warna kuning terang,’’ ujarnya.

Ketua Kwarcab Bojonegoro Hanafi berharap Pramuka juga bisa turut membantu merintis desa Pramuka di Sumberarum. Menurut Hanafi, banyak potensi kepramukaa­n di desa yang terkenal dengan sumber airnya tersebut. ’’Banyak pelatih dan pelopor Pramuka,’’ tambahnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kerja Cabang Bojonegoro Muhammad Tarnoji menjelaska­n bahwa pengecatan tidak hanya difokuskan pada rumah warga, tetapi juga fasilitas umum. Sumberarum juga diharapkan menjadi pembentuk moral masyarakat. Karena itu, sejak gapura desa sudah banyak pesan moral yang terpasang di beragam spanduk di kanan kiri jalan kampung. Pesan moral juga akan dibubuhkan sebagai mural. (kik/c14/dos)

Mereka akan menyumbang­kan tenaga dan pemikirann­ya untuk kegiatan peduli masyarakat ini.” Sunyoto Hadi Prayitno Wakil Ketua Gudep Kwarda Jatim

 ?? SHELA TAMARA/PEMASARAN JAWA POS ?? PRAMUKA GAGAH: Penampilan Police Scout Bojonegoro yang gagah saat membuka festival tadi malam. Mereka adalah Pramuka binaan kepolisian.
SHELA TAMARA/PEMASARAN JAWA POS PRAMUKA GAGAH: Penampilan Police Scout Bojonegoro yang gagah saat membuka festival tadi malam. Mereka adalah Pramuka binaan kepolisian.
 ?? SHELA TAMARA/PEMASARAN JAWA POS ?? DESA WISATA: Seribu lampion diterbangk­an saat pembukaan tadi malam. Siangnya, peserta festival sudah mengecat rumah (foto kanan). Mereka tetap bersemanga­t mesti diguyur hujan.
SHELA TAMARA/PEMASARAN JAWA POS DESA WISATA: Seribu lampion diterbangk­an saat pembukaan tadi malam. Siangnya, peserta festival sudah mengecat rumah (foto kanan). Mereka tetap bersemanga­t mesti diguyur hujan.
 ?? SHELA TAMARA/PEMASARAN JAWA POS ??
SHELA TAMARA/PEMASARAN JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia