Jawa Pos

Arus Balik Long Weekend, Kendaraan Mengular

-

JAKARTA – Arus balik menuju Jakarta setelah libur panjang diprediksi berlangsun­g Senin malam hingga Selasa pagi. Korlantas Polri mengerahka­n sekitar 1.500 personel untuk memperlanc­ar arus kendaraan yang terlihat kembali mengular ke ibu kota.

Kakorlanta­s Polri Irjen Royke Lumowa menuturkan, pihaknya sudah mengantisi­pasi arus balik setelah long weekend libur Isra Mikraj. ”Arus balik ini terjadi sejak Senin malam dan diprediksi hingga Selasa pagi. Mungkin ada yang memutuskan pulang dini hari dan langsung bekerja,” tuturnya kemarin (24/4).

Ada sejumlah titik kemacetan saat arus balik. Di antaranya, Cikampek, Jagorawi, dan Cikarang Utama. Di antara semua titik itu, yang paling krusial adalah Cikampek dan Cikarang Utama. ”Kalau Cikarang Utama, karena pintu tol dan Cikampek ada perbaikan jalan di dua titik. Itu membuat kapasitas jalan tol menyempit,” terangnya.

Bila ada kemacetan, Korlantas telah menyiapkan sejumlah strategi. Antara lain, pengalihan arus masuk jalan tol. Kendaraan dalam tol dialihkan ke kantong-kantong parkir seperti rest area. ”Yang juga penting adalah bila terjadi kemacetan insidental, baik kecelakaan atau kendaraan mogok,” paparnya.

Karena itu, dia berharap truk tidak beroperasi selama arus balik. Sebab, volume truk begitu besar sehingga menghabisk­an jalan. ”Truk itu memakan badan jalan hingga 30 persen tiap hari,” terangnya.

Dengan tidak beroperasi­nya truk, kapasitas jalan akan lebih besar sehingga kendaraan yang menuju ke Jakarta bisa lebih cepat. ”Apalagi truk itu kalau berjalan pelan sekali, muatannya banyak,” ungkapnya.

Dari sekitar 1.500 personel yang dikerahkan untuk menjaga arus balik, 945 personel berasal dari Polda Metro Jaya dan 500 personel dari Korlantas. ”Belum ditambah dari polda-polda lain sekitar Jakarta,” papar jenderal berbintang dua tersebut. (idr/c5/oki)

 ?? IMAM HUSEIN/JAWA POS ?? ANTRE PANJANG: Kendaraan memadati ruas tol Jakarta-Cikampek, Jawa Barat, untuk kembali menuju ibu kota kemarin.
IMAM HUSEIN/JAWA POS ANTRE PANJANG: Kendaraan memadati ruas tol Jakarta-Cikampek, Jawa Barat, untuk kembali menuju ibu kota kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia