Jawa Pos

Rp 2,01 T buat Lukaku dan Van Dijk

-

MUSIM INI, Chelsea sudah menghabisk­an anggaran GBP 118,2 juta (sekitar Rp 1,98 triliun) untuk belanja pemain. Nah, karena Chelsea diyakini bakal tampil di Liga Champions musim depan, anggaran untuk belanja pemain pun meningkat. Menurut Daily Mirror, Chelsea sudah menyiapkan dana GBP 120 juta (Rp 2,01 triliun).

Dari nominal tersebut, pos pengeluara­n terbesar akan digunakan untuk mendatangk­an top scorer sementara Premier League, Romelu Lukaku. Bomber Everton itu pernah menghabisk­an tiga musim bersama Chelsea (2011–2014). Untuk memulangka­n Lukaku, Chelsea dikabarkan harus menyiapkan dana GBP 100 juta (Rp 1,67 triliun). Lalu, sisanya dipakai untuk memboyong bek Southampto­n, Virgil van Dijk.

Performa Lukaku bersama klub asal Merseyside tersebut memang mengagumka­n. Sejak bergabung pada musim dingin 2013, grafik perbendaha­raan golnya di seluruh ajang terus meningkat. Dari yang semula hanya 16 gol, musim ini dia sudah mengoleksi 25 gol dari 35 pertanding­an.

Di sisi lain, Van Dijk diincar sebagai pengganti John Terry. Tapi, pembelian Van Dijk dianggap sebagai perjudian. Sebab, bek berkebangs­aan Belanda tersebut tengah berjuang memulihkan cedera engkel yang diderita sejak Januari lalu. Selain itu, di sektor bek tengah, masih ada David Luiz, Nathan Ake, Gary Cahill, dan Kurt Zouma. Namun, pelatih Antonio Conte tetap membutuhka­n tenaga baru di lini belakang.

’’Saat ini kami berada dalam transisi,” ucap Conte kepada Mirror. ”Kami kehilangan banyak pemain yang telah mengukir sejarah. Kami harus segera menggantin­ya dengan pemain yang berada di level yang sama,” tuturnya. ” Van Dijk pun termasuk pemain yang kerap diincar klub besar,” lanjutnya.

Selain Van Dijk, Chelsea dikaitkan dengan pilar Burnley, Michael Keane. Rumor tersebut pun memantik pendapat Jimmy Floyd Hasselbain­k, eks striker Chelsea.

Pria 45 tahun itu menyatakan, baik Van Dijk maupun Keane tidak akan bisa menjadi pengganti Terry. ”Menjadi pengganti Terry adalah sebuah tugas berat yang perlu diambil,” ujar Hasselbain­k kepada Sky Sports. (apu/c18/bas)

 ??  ??
 ?? OLI SCARFF/AFP PHOTO ??
OLI SCARFF/AFP PHOTO
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia