Jawa Pos

Ke Popnas Tunggu Dispora

Jatim Juara Umum Kejurnas Atletik U-18 dan U-20

-

SURABAYA – Jawa Timur (Jatim) berhasil menjadi juara umum dalam Kejuaraan Nasional Atletik U-18 dan U-20 2017 yang berakhir kemarin (24/4). Baik dari raihan emas maupun keseluruha­n medali, Jatim unggul atas DKI Jakarta yang berada di posisi kedua ( lihat grafis).

’’Alhamdulil­lah sudah tercapai apa yang kita canangkan dari awal, yaitu perolehan 14 hingga 16 emas. Padahal, persiapan kami cukup singkat, tapi hasilnya maksimal,” ujar Ketua Harian PASI Jatim Edi Mintarto kepada Jawa Pos kemarin (24/4).

Dalam kejurnas kategori remaja dan junior itu, Pengprov PASI Jatim mengirimka­n 62 atlet. Mereka dibagi dalam empat kategori, yaitu junior putra, junior putri, remaja putra, dan remaja putri.

Yang membanggak­an lagi, tiga atlet Jatim juga memecahkan rekor. Mereka adalah Teuku Tegar Abadai di kategori junior putra (lompat tinggi galah), Safrina Ayu Melina di kategori remaja putri (100 meter gawang), dan Ifan Anugrah Setiawan di kategori remaja putra (400 meter).

’’Di estafet kami juga meraih 4 medali emas, masing-masing di nomor 4 x 100 meter remaja putra dan putri, 4 x 400 meter junior putra, serta 4 x 400 meter remaja putri,” imbuh Edi.

Mengenai ajang terdekat, sebenarnya bakal dihelat Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) September mendatang di Semarang, Jawa Tengah. Namun, Edi menyebut belum ada pertemuan antara PASI Jatim dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jawa Timur.

’’Kami juga menunggu undangan untuk duduk bersama dengan Dispora Jatim. Sebab, juga sudah mepet antara Popnas dengan TC ( training center) yang kami lakukan Mei mendatang,” kata Edi.

Pemusatan latihan yang dihelat PASI Jatim mulai bulan depan itu jangka panjang. Selain untuk Popnas, proyeksiny­a, para atlet Jatim bisa bersaing untuk menembus tim yang akan diterjunka­n di ASEAN School 2018 dan Asian Youth 2019.

Untuk itu, PASI Jatim juga berencana mengganden­g Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Tujuannya, membantu pengurusan pindah sekolah para atlet saat TC ( training center) berlangsun­g. (nic/c17/ttg)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia