Jawa Pos

Beri Bukti dengan Rekornas

Perenang Pelatnas di Arena Kejurnas

-

JAKARTA – Barisan perenang an dalan pelatnas Indonesia mem buktikan kapasitas me reka pada Festival Akuatik In donesia 2017. Ajang yang sekaligus men jadi kejuaraan nasional ( ke jurnas) renang itu berlangsun­g di Jakabaring Aquatic Stadium, Palembang. Hingga saat ini, ada delapan rekornas dari enam nomor di festival akuatik kali ini ( selengkapn­ya lihat grafis).

Ada empat perenang yang sejauh ini berhasil memecahkan rekornas. Mereka adalah Gagarin Yus, Azzahra Permatahan­i, Vannesae Evato, dan Ressa Kania Dewi. Khusus Azzahra dan Vannesae, dua perenang asal Riau tersebut punya potensi besar menjadi perenang andalan Indonesia pada masa mendatang. Keduanya masih berumur di bawah 18 tahun.

Azzahra maupun Vannesae juga dipersiapk­an untuk tampil di SEA Games Malaysia Juli– Agustus mendatang. Azzahra mampu membuktika­n diri bisa ber saing dengan seniornya, Ressa Kania Dewi, di nomor 200 meter gaya ganti perorangan putri. Pada hari pertama lomba, Jumat ( 21/ 4), Ressa sempat memecahkan rekornas di nomor yang sama dengan catatan 2 menit 18,75 detik.

Tetapi, Azzahra mampu menajamkan rekor Ressa tersebut dengan 2 menit 18,08 detik. Capaian prestasi Azzahra memang sudah sesuai komitmenny­a untuk terus mendorong diri agar lebih maksimal menuju SEA Games. ”Harapan saya bisa terus improve agar catatan waktunya bisa dipertajam,” ucapnya.

Sementara itu, kemarin giliran Gagarin Yus, perenang pelatnas dari Jakarta, yang memecahkan rekornas lama atas nama Dennis Josua Tiwa. Kemarin Gagarin mencatat waktu 2 menit 15,35 detik, lebih cepat sekitar 1,26 detik atas rekor lama milik Dennis Tiwa.

’’ Gak nyangka bisa memecahkan rekornas. Ketika 25 meter terakhir, saya bisa menambah kecepatan, dan yakin bisa. Ini berkat latihan setiap hari,’’ jelas Gagarin dalam surat elektronik PB PRSI.

Di nomor lain, Triady Fauzi ( Jabar) menjadi yang tercepat di nomor 100 meter gaya kupukupu putra. Andalan pelatnas itu mencatatka­n waktu 53,88 detik, lebih cepat dari kompatriot­nya di pelatnas, Glenn Viktor Susanto.

Sementara itu, andalan Jawa Timur Nurul Fajar Fitriyati tampil tercepat dengan 1 menit 02,01 detik di nomor 100 meter gaya kupu-kupu putri. Adapun Aflah Fadlan Prawira menjadi yang tercepat di nomor 1.500 meter putra dalam waktu 15 menit 47,70 detik. Selanjutny­a, Ressa Kania Dewi ( Jawa Timur) menjadi tercepat di nomor 1.500 meter putri dengan catatan waktu 17 menit 23,05 detik. (nap/c17/ady)

 ?? DIKA KAWENGIAN/JAWA POS ?? POTENSI BESAR: Azzahra Permatahan­i turut mencatatka­n rekornas di Kejurnas 2017.
DIKA KAWENGIAN/JAWA POS POTENSI BESAR: Azzahra Permatahan­i turut mencatatka­n rekornas di Kejurnas 2017.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia