Jawa Pos

PR Benahi Sistem Keamanan Tahanan

Tim Pemburu Bakal Dapat Reward

-

SURABAYA – Tugas polisi belum selesai meski telah berhasil menangkap tujuh tahanan yang kabur dari sel Polsek Tambaksari. Ada pekerjaan rumah (PR) yang menanti korps seragam cokelat itu.

Sistem keamanan di setiap polsek harus dievaluasi, bahkan diganti. Hal tersebut amat mendesak mengingat jumlah tahanan yang membeludak. Kapolresta­bes Surabaya Kombespol Muhammad Iqbal mengakui kondisi itu.

Menurut dia, pihaknya masih mempunyai banyak PR. Terutama berkaitan dengan keamanan kamar tahanan di mapolresta­bes dan 23 polsek jajaran. Maklum, sejak 2009, ada lebih dari lima kasus tahanan kabur. Mayoritas berhasil lolos dengan menggergaj­i teralis besi atau menjebol plafon. Karena itu, evaluasi terkait dengan konstruksi bangunan harus dilakukan segera.

Iqbal berjanji melakukan penguatan sisi konstruksi bangunan. Polsek jajaran akan dibenahi untuk memperkuat konstruksi bangunan kamar tahanan. Nantinya, konstruksi bangunan kamar tahanan akan dicor, baik sisi plafon maupun sel tahanan.

Koreksi juga akan dilakukan terhadap posisi kamera CCTV ( closed circuit television) di kamar tahanan. Penggunaan­nya pun akan dipantau. Yakni, memang digunakan sebagaiman­a mestinya atau malah untuk menonton televisi. ’’Secara fisik, kami akan membuat sekuatkuat­nya agar tidak mudah ditembus. Kami tidak ingin kecolongan lagi,’’ ucap mantan Kabidhumas Polda Metro Jaya itu.

Perwira dengan tiga melati di pundak tersebut menjelaska­n, pihaknya juga memperketa­t penjagaan. Untuk penjagaan, Iqbal memerintah­kan penjagaan ruang tahanan diperkuat dengan anggota provos.

Pembenahan juga dilakukan pada standard operating procedure ( SOP). Alasannya, kasus kaburnya tujuh tahanan Polsek Tambaksari diduga karena petugas jaga tidak bertindak sesuai SOP. Iqbal menegaskan, ada lima anggota yang melanggar SOP dan sedang diproses di bidang profesi dan pengamanan ( propam).

Iqbal menuturkan, siapa pun yang terbukti melanggar SOP akan mendapat ganjaran. Mekanismen­ya ditangani propam. Khusus untuk Kompol David Triyo Prasojo, Iqbal justru memberikan apresiasi meski berada dalam sorotan dan akan dipindahtu­gaskan dari jabatan Kapolsek Tambaksari. ’’Kapolsek melakukan pembenahan, baik internal maupun ikut pengejaran, terhadap tahanannya yang kabur,” katanya.

Untuk memburu tujuh tahanan kabur itu, Polrestabe­s Surabaya menurunkan 70 personel gabungan. Mereka berasal dari tim antibandit, satreskoba, dan personel Polsek Tambaksari. Mereka dibagi dalam empat tim. Operasi tersebut tuntas dalam tujuh hari. ’’ Tepat tujuh hari kurang beberapa jam, tim gabungan di bawah pimpinan Kasatreskr­im, Kasatnarko­ba, dan Kapolsek Tambaksari berhasil mengumpulk­an tujuh tahanan yang kabur ini,” kata Iqbal saat merilis tujuh tahanan tersebut di Mapolresta­bes Surabaya kemarin.

Iqbal berjanji memberikan apresiasi kepada para petugas yang berhasil menuntaska­n misi tersebut. Hanya, dia belum mau membeberka­nnya secara gamblang. (aji/c20/fal)

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? KEMBALI KE PENJARA: Tujuh tahanan yang kabur dari sel Polsek Tambaksari bakal mendapat hukuman lebih berat.
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS KEMBALI KE PENJARA: Tujuh tahanan yang kabur dari sel Polsek Tambaksari bakal mendapat hukuman lebih berat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia