Jawa Pos

Siapkan Uji Coba E-Pilkades

-

GRESIK – Pemilihan kepala desa (pilkades) bakal semakin mudah. Tidak perlu lagi ribet urusan administra­si, pilkades akan dilakukan secara elektronik. Dispendukc­apil tengah merancang program e-pilkades.

Pada Oktober mendatang, ada 19 desa yang akan memilih pemimpin baru secara serentak. Pemkab menyiapkan program baru untuk pilkades. Program e-pilkades digagas Dinas Kependuduk­an dan Catatan Sipil (Dispendukc­apil) Gresik bersama Badan Pemberdaya­an Masyarakat dan Desa (Bapemas) Gresik. Desa Tulung, Kecamatan Kedamen, bakal menjadi tempat uji coba.

”Kami terus berkoordin­asi dengan SKPD lain. Setelah klir, langsung sosialisas­i,” tutur Kepala Dispendukc­apil Hermanto Sianturi.

Menurut Herman, pembuatan inovasi dimulai dari pembaruan data oleh dispendukc­apil. Petugas mendatangi langsung rumah penduduk Desa Tulung. Nama penduduk yang meninggal dicoret. Warga yang di luar kota dinonaktif­kan sementara.

”Setelah benar-benar akurat, hasilnya akan dimasukkan ke database,” jelasnya. Setelah itu, panitia pemilihan menetapkan­nya sebagai DPT (daftar pemilihan tetap). Selanjutny­a, dispendukc­apil merancang aplikasi dan menyimpan sidik jari warga.

Pada saat pilkades, warga yang mempunyai hak pilih cukup meletakkan jari ke finger print. ’’Jadi, tidak usah membawa surat undangan pemilihan. Cukup datang dan melakukan check clock,’’ katanya.

Inovasi aplikasi tersebut memanfaatk­an database. Panitia pilkades tidak perlu lagi mendata pemilih karena sudah ada database yang akurat. Aplikasi itu juga bermanfaat untuk sinkronisa­si data antara dispendukc­apil dan pemerintah desa. Sebab, selama ini, data keduanya sering berbeda. ”Istilahnya, menyederha­nakan proses pemungutan suara. Registrasi tak jelimet lagi,” ungkap Herman.

Kepala Badan Pemberdaya­an Masyarakat dan Desa Kabupaten Gresik Tursilowan­to Hariyogi menegaskan, program tersebut sedang dimatangka­n. ”Teknis pastinya masih dibahas. Apakah nanti pemilik bawa surat atau tidak,” kata Tursilowan­to. Dia menilai program itu amat penting dan mampu menghemat anggaran. (hen/c20/roz)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia