Jawa Pos

Makin Banyak Pegawai Negeri Cerai

Meski Aturan Ketat dan Proses Panjang

-

GRESIK – Aparat sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Gresik menjadi salah satu ’’aktor dan aktris’’ dalam peningkata­n angka perceraian di Kota Pudak. Dalam empat tahun terakhir, jumlah kasus perceraian yang melibatkan pegawai negeri terus meningkat. Guru dan bidan paling banyak.

Kepala Badan Kepegawaia­n Daerah (BKD) Gresik Nadlif menjelaska­n, berdasar aturan, proses perceraian para abdi negara sangat panjang dan rumit. ’’PNS (ASN, Red) yang akan bercerai harus mendapatka­n izin dari bupati bagi yang menggugat dan surat keterangan dari bupati bagi yang terguga tergugat,’’ ujar lelaki yang tengah melaks melaksanak­an ibadah umrah tersebut kemarin (24/4).

Sebelum kepala pemerintah­an setempat memberikan izin, ada sejumlah proses yang harus dilalui ASN. Baik yang melakukan gugat cerai maupun gugat talak. Proses itu mulai dari bawah, yakni atasan langsung untuk mendapatka­n nasihat. Jika masih ngotot, proses tersebut diteruskan kepada kepala dinas.

’’Kepala dinas akan menasihati dan berusaha mendamaika­n kedua pihak,’’ ujar mantan kepala Dinas Pendidikan (Kadispendi­k) Gresik itu.

Bila nasihat kepala dinas atau OPD (organisasi perangkat daerah) belum bisa mendamaika­n, persoalan tersebut dibawa ke inspektora­t dan BKD. ’’ Yang bersangkut­an dipanggil dan diberi nasihat lagi,’’ tegasnya.

Jika ASN yang ingin cerai tidak bisa didamaikan, BKD akan membuat telaah (kajian) untuk diteruskan kepada bupati. ’’Pak Bupati yang memutuskan apakah permohonan izin cerai yang bersangkut­an ditolak atau dikabulkan,’’ jelas Nadlif.

Proses itu harus dilakukan. Pemerintah berusaha mempertaha­nkan keutuhan rumah tangga ASN. ’’Biasanya, Pak Bupati tidak akan mengeluark­an izin bila kedua pihak belum sepakat cerai. Karena itu, Pak Bupati minta surat pernyataan bahwa kedua pihak tidak keberatan,’’ tegasnya.

Apa penyebab ASN memilih cerai? Berdasar kajian BKD, ada beberapa penyebabny­a. Misalnya, hubungan suami-istri tidak harmonis lagi. ’’Kadang karena berjauhan tempat tinggal,’’ ujarnya.

Penyebab lain adalah tidak berte munya jalan pikiran kedua pihak. Berikutnya, persoalan ekonomi. ’’ Laki- laki tidak bisa memberikan nafkah yang cukup bagi istri,’’ katanya. Yang terakhir, suami atau istri tergoda oleh orang lain.

BKD prihatin karena semakin banyak ASN yang memilih bercerai. Ditengarai, perceraian ASN cenderung meningkat setelah pemerintah menaikkan berbagai tunjungan bagi aparatnya. Tunjangan tersebut membuat ASN bergaya hidup mewah.

Sebagaiman­a diberitaka­n, selama 2016 dan tiga bulan pertama 2017, terjadi kenaikan kasus perceraian di Kabupaten Gresik. Perempuan Kota Pudak lebih berani menggugat cerai daripada suaminya. Selama 2016, tercatat ada 2.059 perkara perceraian yang masuk ke Pengadilan Agama (PA) Gresik. (yad/c22/roz)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia