Jawa Pos

Pusat Konsultasi Jarak Jauh bagi Pasien Kanker

Dari St Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou

-

DENGAN kemajuan teknologi, konsultasi kesehatan tak harus bertemu langsung. Bisa juga melalui komunikasi jarak jauh. Hal tersebut dilakukan oleh St Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou yang mendirikan Pusat Konsultasi Jarak Jauh pada 2016 bagi penderita kanker.

Data statistik American Journal of Clinical Oncology pada 2011 menunjukka­n bahwa kendala geografis dan kurangnya kualitas sumber daya medis di berbagai negara menyebabka­n kesalahan diagnosis serta pengobatan tumor meningkat hingga 44 persen. Namun, dengan meningkatn­ya teknologi pengobatan dan perkembang­an yang pesat dari standar medis, faktor geografi, ruang, dan bahasa tidak lagi menjadi batasan bagi pasien kanker untuk memperoleh diagnosis akurat dan pengobatan yang tepat.

Rumah sakit berstandar internasio­nal ini, memudahkan pasien ’’bertatap muka” langsung dengan para ahli onkologi. Hal itu tentu menghemat waktu dan biaya serta mengurangi kemungkina­n kesalahan diagnosis atau kematian pasien kanker.

Proses layanan Pusat Konsultasi Jarak Jauh sangat sederhana. Jika pasien membutuhka­n bantuan konsultasi, cukup memberikan hasil medis dan riwayat penyakitny­a kepada pihak rumah sakit. Selanjutny­a, staf dari rumah sakit membuatkan jadwal konsultasi via teleconfer­ence dengan dokter onkologi dari rumah sakit tersebut. Dari hasil medis dan proses konsultasi, dokter onkologi akan memastikan diagnosis dan membe- rikan saran pengobatan serta perawatan yang tepat.

St Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou memiliki 18 metode pengobatan kanker minimal invasive. Di antaranya, Intervensi, Cryosurger­y, dan Microwave Ablasi yang minim luka serta memiliki pemulihan lebih cepat. Metode-metode itu juga menjadi harapan baru bagi pasien yang menolak operasi dan kemoradiot­erapi.

Sumber daya medis yang berkualita­s makin menarik perhatian pasien untuk menjalani pengobatan ke St Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou. Tak heran kalau banyak pasien dari Indonesia, Vietnam, Malaysia, Filipina, dan Thailand yang menikmati layanan medis profesiona­l itu. St Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou juga mendirikan kantor perwakilan di beberapa negara di Asia Tenggara. (xav)

 ??  ?? TAK TERKENDALA GEOGRAFIS: Tim ahli dari St Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou menjawab konsultasi jarak jauh dari pasien kanker di seluruh dunia.
TAK TERKENDALA GEOGRAFIS: Tim ahli dari St Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou menjawab konsultasi jarak jauh dari pasien kanker di seluruh dunia.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia