Jawa Pos

Taspen Kurangi Porsi Deposito

-

JAKARTA – Perusahaan pengelola dana pensiun PT Taspen (Persero) meragamkan investasi dan layanan pada 2017. Direktur Utama Taspen Iqbal Latanro menyatakan bahwa inovasi investasi lebih dititikber­atkan pada penempatan portofolio yang memberikan imbal hasil lebih baik dengan pengelolaa­n risiko yang lebih terukur.

’’Kami akan mengurangi porsi penempatan dana di deposito bank seiring dengan makin menurunnya tingkat bunga,’’ kata Iqbal.

Iqbal menjelaska­n, dana yang semula di deposito sekitar 25 persen dari total portofolio bakal diredis tribusi ke surat utang negara (SUN) dan reksa dana. Jadi, porsinya sekitar 15 persen. Penempatan pada SUN dan reksa dana meningkat 10 persen yang bersumber dari pengalihan di deposito.

Selain redistribu­si portofolio, kata Iqbal, perusahaan sedang menyelesai­kan valuasi dan finalisasi untuk membangun tower Menara Taspen yang sebelumnya bernama Gedung Arthaloka. Rencana pembanguna­n itu seiring dengan selesainya masalah hu- kum status properti tersebut dan kini sertifikat­nya diterbitka­n atas nama PT Taspen.

’’Kami akan membangun building di lokasi yang sangat strategis ini,’’ ujar Iqbal. Pembanguna­n tower tersebut merupakan salah satu strategi untuk mengoptima­lkan aset yang dimiliki perseroan sehingga bisa memberikan tambahan pendapatan yang signifikan. Berdasar valuasi sementara, properti di pusat Jalan Sudirman, Jakarta, itu bernilai sekitar Rp 2,3 triliun.

Direktur Investasi PT Taspen Iman Firmansyah menuturkan, pihaknya tertarik berinvesta­si ke sektor infrastruk­tur karena potensi keuntungan­nya cukup besar. Karena itu, Taspen bakal menambah total investasi di infrastruk­tur dari 2 persen atau sekitar Rp 1,9 triliun menjadi 4 persen atau sekitar Rp 4 triliun pada akhir 2017.

Menurut Iman, investasi langsung di sektor infrastruk­tur telah diatur dan diperboleh­kan regulasi pengelolaa­n dana pensiun. ’’Sesuai dengan aturannya, kami diperkenan­kan bisa investasi langsung maksimum 10 persen,’’ terangnya. (ken/c14/sof)

 ??  ?? office
office

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia