Jawa Pos

TERBUKA UNTUK SEMUA ANAK NEGERI

-

UNIVERSITA­S Indonesia (UI) tercatat sebagai universita­s terbaik di Indonesia selama lima tahun berturut-turut berdasar pemeringka­tan yang dilakukan QS World University Rankings. UI merupakan satu-satunya universita­s di Indonesia yang masuk dalam peringkat 100 besar universita­s terbaik di Asia.

UI juga menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia yang masuk daftar 200 perguruan tinggi terbaik dunia versi Times Higher Education BRICS & Emerging Economies Rankings 2016. Berbagai raihan prestasi tersebut menunjukka­n, UI merupakan lembaga pendidikan yang mampu memberikan pendidikan berkualita­s di tanah air.

Senada dengan tema Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2017, yakni Pemerataan Pendidikan dan Pendidikan Berkualita­s, UI mengundang calon mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk bergabung. Baik itu melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) untuk program S1 Reguler, maupun melalui Program Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) dan seleksi masuk (SIMAK) UI untuk program vokasi (D-3), S1 kelas paralel, dan S1 Kelas Khusus Internasio­nal (KKI).

Guna mendukung hal tersebut, UI juga telah menggagas kegiatan sosialisas­i penerimaan mahasiswa baru di beberapa wilayah. Tujuannya, kesempatan belajar di UI bisa dinikmati seluruh pelajar di Indonesia. Kegiatan tersebut berlangsun­g pada Maret 2017 di Jayapura (Papua), Sambas (Kalimantan Barat), Pandeglang (Jawa Barat), dan Buton (Sulawesi Tenggara).

Selain program sarjana, (SIMAK) UI juga membuka pendaftara­n untuk jenjang profesi, spesialis, magister, hingga doktor. Pendaftara­n SIMAK UI masih dibuka hingga tanggal 8 Mei 2017.

Tidak perlu khawatir soal biaya karena kuliah di UI relatif terjangkau. Bahkan, ada pula mahasiswa yang berkuliah dengan biaya nol rupiah. Hal tersebut disebabkan UI memiliki mekanisme biaya operasiona­l pendidikan berkeadila­n (BOPB). BOPB adalah penerapan uang kuliah tunggal (UKT) di UI yang merupakan skema yang memungkink­an mahasiswa membayar biaya pendidikan sesuai dengan kemampuan ekonomi orang tua, wali, atau penanggung biaya pendidikan. BOPB dapat diajukan mahasiswa baru program S-1 reguler yang lulus dari jalur masuk (SNMPTN), dan (SBMPTN).

UI menyediaka­n banyak beasiswa bagi yang tidak mampu, termasuk beasiswa untuk biaya hidup. Bagi mahasiswa dari luar Jakarta, UI menyediaka­n fasilitas asrama, klinik kesehatan gratis, dan free wi-fi serta mengunduh e-book dan jurnal secara gratis. Dengan kampus yang hijau dan asri, juga akan membuat suasana belajar semakin menyenangk­an. Tak heran, UI dikukuhkan sebagai tempat belajar terbaik, bukan saja karena biayanya yang ringan, tetapi juga memungkink­an untuk bertemu dengan teman-teman dari seluruh provinsi se-Indonesia serta membuka jaringan yang berguna bagi mahasiswa setelah lulus kuliah. Ayo bergabung dengan kampus terbaik di

Indonesia, Universita­s Indonesia. (swn/c7/wir)

 ??  ?? INFORMASI LEBIH LENGKAP Universita­s Indonesia (UI), Simak Seputar Jalur Masuk, dan Penerimaan Mahasiswa Baru dapat di akses ke:
INFORMASI LEBIH LENGKAP Universita­s Indonesia (UI), Simak Seputar Jalur Masuk, dan Penerimaan Mahasiswa Baru dapat di akses ke:

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia