Jawa Pos

RS Bhayangkar­a Terbakar, 50 Pasien Dievakuasi

-

KEDIRI – Kebakaran hebat melanda RS Bhayangkar­a Kota Kediri kemarin pagi (1/5). Api yang berkobar membuat para keluarga pasien, dokter, dan para medis berlarian menyelamat­kan diri. Mereka juga mengevakua­si sekitar 50 pasien dari ruang perawatan karena api membesar.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Kediri, titik api diketahui sekitar pukul 08.00 di ruang obat dan arsip di lantai 2. Ruang itu terletak di bagian belakang gedung RS milik Polri tersebut. Titik api diketahui keluarga pasien di Ruang Kemuning yang berdempeta­n langsung dengan ruang obat.

Mengetahui hal itu, petugas sekuriti dan perawat langsung mengevakua­si pasien Ruang Kemuning yang kebanyakan adalah anak-anak. ”Mengetahui ada api, kami langsung mencoba memadamkan, ya mecah kaca juga,” terang Jayadi, 43, salah seorang petugas sekuriti rumah sakit.

Jayadi yang pagi itu ikut berusaha memadamkan api menerangka­n, awalnya pihaknya menggunaka­n tabung hidran di rumah sakit tersebut. Namun, alat itu tidak mampu memadamkan api. Bahkan, si jago merah semakin cepat membara. Karena angin bertiup ken- cang, api sempat merembet ke Ruang Kemuning.

Bukan hanya itu, api juga merembet ke lantai bawah di ruang dapur. ”Alat kami tidak mumpuni. Kami langsung melapor ke PMK,” terang petugas sekuriti berseragam hitam tersebut.

Mendapatka­n laporan itu, petugas PMK Kota Kediri dibantu tim PMK Gudang Garam membawa mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api. Sekitar 2,5 jam api baru bisa padam pukul 10.30. Setelah 12 kali mobil PMK mondarmand­ir untuk mengambil air, api berhasil dipadamkan. ”Info dari ketua tim PMK, api benar-benar mati pukul 10.49,” terang Kapolres Kediri Kota AKBP Anthon Haryadi yang pagi itu datang ke TKP.

Saat dikonfirma­si terkait penyebab kebakaran tersebut, Kapolres belum bisa memastikan. Apakah ada unsur kesengajaa­n atau korsleting listrik. Hingga sore kemarin, Anthon menerangka­n, sekitar pukul 14.00 pihaknya dibantu Tim Labfor Polda Jatim melakukan olah TKP untuk mengetahui secara pasti penyebab kebakaran. ”Untuk hasil pemeriksaa­n maupun barang bukti yang diamankan, kami belum mengetahui,” terangnya saat dikonfirma­si sekitar pukul 17.00. (fiz/c21/end)

 ?? JAWA POS RADAR KEDIRI ?? SIGAP: Perawat mengevakua­si pasien ke luar ruangan karena asap sudah mulai masuk.
JAWA POS RADAR KEDIRI SIGAP: Perawat mengevakua­si pasien ke luar ruangan karena asap sudah mulai masuk.
 ??  ?? JAWA POS RADAR KEDIRI HANGUS: Salah satu ruangan RS Bhayangkar­a yang dilalap api kemarin.
JAWA POS RADAR KEDIRI HANGUS: Salah satu ruangan RS Bhayangkar­a yang dilalap api kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia