Jawa Pos

Tiga Pelatih Asing Jadi Korban

-

JAKARTA – Liga 1 masih seumur jagung. Baru tiga pekan. Namun, tekanannya begitu berat kepada para pelatih, terutama pelatih asing. Faktanya, kemarin ada dua pelatih asing yang tersingkir dari jabatannya, Laurent Hatton yang dipecat oleh PS TNI dan Timo Scheuneman­n yang mundur dari Persiba Balikpapan.

Mereka berdua menyusul pelatih asal Austria Hans Peter Schaller yang dipecat Bali United setelah kekalahan dalam dua laga beruntun. Saat ini Hatton yang berasal dari Prancis digantikan Ivan Kolev asal Bulgaria yang sudah malang melintang di sepak bola indonesia.

Kemarin siang (1/5) Kolev yang pernah melatih Sriwijaya FC, Mitra Kukar, Persija Jakarta, dan Persipura Jayapura secara resmi diperkenal­kan kepada publik. ’’Kami memutuskan untuk menggunaka­n jasa Kolev. Sebab, pelatih itu harus yang mengerti karakter pemain agar performa tim bisa lebih maksimal,’’ kata Presiden Klub PS TNI Brigjen TNI-AD Almost Beard Maliogha. ’’Beliau (Kolev) sudah pengalaman. Banyak klub Indonesia yang dilatih sama dia,’’ tegas pria asal Sulawesi Utara itu.

Dengan masuknya Kolev, Maliogha mengatakan bahwa The Army –julukan PS TNI– harus bisa berada di jalur yang benar demi memenuhi harapan manajemen untuk bisa menjuarai kompetisi. ’’Target tetap juara dan harus jadi nomor satu, harus jadi yang terbaik,’’ tambah pria dengan dua bintang di pundaknya itu.

Pergantian Hatton dari kursi pelatih kepala PS TNI tersebut cukup mengagetka­n publik sepak bola tanah air. Sebab, prestasi Abduh Lestaluhu dkk tidak buruk-buruk amat dalam mengawali kompetisi. Dari tiga kali laga, mereka berhasil mengumpulk­an lima poin dan saat ini berada di posisi keenam klasemen sementara.

Sebelum Hatton, Schaller adalah pelatih asing pertama yang harus menelan pil pahit itu. Mantan asisten pelatih Alfred Riedl di timnas Piala AFF 2016 tersebut dipecat oleh manajemen Bali United setelah mengalami dua kekalahan beruntun. ’’Kami pecat pelatih karena sudah tidak ada lagi kesesuaian antara target dan kondisi tim,’’ kata CEO Bali United Yabes Tanuri (1/5).

Menurut dia, dengan materi tim yang dimiliki saat ini, Bali United seharusnya bisa bersaing di papan atas klasemen. Harapannya, Schaller yang menjadi salah satu kunci di balik keberhasil­an Indonesia menembus babak final Piala AFF 2016 bisa menularkan ilmunya kepada Irfan Bachdim dkk.

Sayang, prestasi yang ditunjukka­n Schaller jauh panggang dari api. Serdadu Tridatu –julukan Bali United– terpuruk di papan bawah. ’’Kami tidak mau ambil risiko dengan kondisi ini. Sebab, pelatih adalah sosok sentral dalam masa depan tim,’’ ucapnya.

Saat ini posisi pelatih kepala Bali United masih dipercayak­an kepada Eko Purdjianto. Namun, PT LIB (Liga Indonesia Baru) selaku operator hanya memberikan waktu dua pekan bagi Bali United untuk menggunaka­n pelatih karteker tersebut. Yabes menuturkan, dalam waktu dekat, pelatih anyar pengganti Schaller sudah tiba di Bali.

Dia lantas menambahka­n, setelah memecat Schaller, pihaknya langsung dikerubuti agen untuk menawarkan pelatih. Tidak tanggung-tanggung, total ada 20 pelatih yang disetorkan kepada manajemen, baik asing maupun lokal. ’’Kami akan memilih yang terbaik di antara sekian banyak nama itu,’’ katanya. Disisilain,pelatihPer­sibaTimo Scheuneman­nakhirnyam­enjadi korban ketiga. Tiga kekalahan beruntun membuat dia tidakbisab­erkutiklag­i.Namun, pelatihasa­lJermanitu­memutuskan untuk mengundurk­an diri. Kekalahan melawan Arema FC tadi malam menjadi titik puncaknya. Persiba memang berada dalam situasi sulit. Sebab, mereka saat ini memilih bermarkas di Stadion Gajayana, Malang, lantaran Stadion Batakan, yang menjadi markas mereka di masa depan, masih dalam tahap pembanguna­n. Itu juga dinilai sebagai karena pada dasarnya mereka tak pernah bermain di kandang sebenarnya. (ben/dit/c19/ham)

 ?? PS TNI ?? handicap PENYEGARAN: Pelatih baru PS TNI Ivan Kolev (kanan) kemarin diperkenal­kan menggantik­an pelatih lama yang dipecat, Laurent Hatton (foto kanan).
PS TNI handicap PENYEGARAN: Pelatih baru PS TNI Ivan Kolev (kanan) kemarin diperkenal­kan menggantik­an pelatih lama yang dipecat, Laurent Hatton (foto kanan).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia