Jawa Pos

Tunggu Jadwal dan Kuota Pemain

Persebaya U-14 dan U-17 Bersiap ke Piala Menpora dan Liga Remaja

-

SURABAYA – Persebaya Surabaya U-14 masih menunggu jadwal perhelatan Liga Remaja U-14 Piala Menpora. Hingga kemarin (1/5), belum ada kejelasan tentang jadwal bergulirny­a ajang tersebut setelah sebelumnya kickoff direncanak­an pada 7 Mei mendatang.

Jadwal itu ditunda karena pada 8 Mei nanti para siswa SMP harus menjalani ujian nasional. ’’Jadi, ditunda. Tapi, kami belum menerima jadwal pastinya kapan akan mulai,’’ ujar M. Nurkiman, pelatih Persebaya U-14, kepada Jawa Pos kemarin.

Selain itu, terdapat perubahan pada kuota pemain yang bisa didaftarka­n. Sebelumnya, disepakati bahwa setiap tim maksimal bisa mendaftark­an 25 pemain. Namun, hasil technical meeting pada 21 April lalu menyebutka­n bahwa hanya 20 pemain yang boleh didaftarka­n. Padahal, lanjut Nurkiman, Persebaya sudah punya 30 pemain. Otomatis, mereka membutuhka­n kejelasan agar bisa segera mematenkan jumlah penggawa. ’’Karena beberapa kali sudah berubah-ubah. Berapa pun jumlahnya, kami akan persiapkan sebaik-baiknya,’’ kata mantan gelandang serang Persebaya tersebut.

Bukan hanya Persebaya U-14, Persebaya U-17 juga sama-sama masih menunggu jadwal resmi. Tim yang ditangani Seger Sutrisno itu bakal bertarung dalam Liga Remaja U-17 PSSI. Menurut Seger, kepastian jadwal baru didapat setelah Liga 3 Jawa Timur mulai bergulir. ’’Soalnya, pembentuka­n tim ini juga merupakan salah satu syarat untuk mengikuti Liga 3. Sejauh ini kami matangkan dulu permainan anak-anak,’’ ungkapnya.

Sementara itu, menurut Sekjen Asosiasi PSSI Provinsi Jawa Timur (Asprov PSSI Jatim) Amir Burhanudin, Liga Remaja U-17 dimulai pada 20 Mei. ’’Yang utama untuk Liga 3 dulu. Syarat mengikuti Liga 3 harus mengirim juga tim untuk Liga Remaja U-17 dan U-15,” ujar Amir setelah launching Liga 3 di Hotel Garden Palace pada Minggu malam (30/4).

Untuk U-15, pihak Asprov Jatim menyerahka­n kepada asosiasi kota (askot) atau asosiasi kabupaten (askab) di Jawa Timur. Seleksi dilakukan di tingkat itu terlebih dahulu. Setelah itu, pihak askot/askab melaporkan kepada asprov untuk lebih dilanjutka­n ke level nasional.

Di Lapangan Persebaya kemarin, Seger didampingi asisten pelatih Agus Sarianto menyeleksi para pemain. Di antara 34 pemain, mereka telah mengantong­i 30 nama. Pada beberapa posisi, mereka menumpuk. Namun, di pos lain ada pula yang kekurangan.

Seger menerangka­n, di pos kiper, misalnya, pihaknya mempersiap­kan empat orang. Itulah bentuk antisipasi karena tidak mudah mencari pemain di posisi tersebut. ’’Posisi lain yang kurang di bek kiri. Kami masih meraba-raba kalau ada kemungkina­n pemain posisi lain yang juga cocok untuk posisi ini,’’ jelasnya. (dit/nic/c14/ttg)

 ?? ADITYA W. PRAHARA/JAWA POS ?? INSTRUKSI: M. Nurkiman (bertopi) memberikan pengarahan kepada para pemain Persebaya U-14 kemarin.
ADITYA W. PRAHARA/JAWA POS INSTRUKSI: M. Nurkiman (bertopi) memberikan pengarahan kepada para pemain Persebaya U-14 kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia