Jawa Pos

POSSI Jatim Intensifka­n Perburuan Bakat

Antisipasi Penambahan Nomor Selam Laut di PON 2020

-

SURABAYA – Perubahan nomor yang dipertandi­ngkan di PON 2020 mendorong POSSI (Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia) Jatim melakukan persiapan sejak dini. Tujuannya, gelar sebagai juara umum di cabang olahraga selam bisa dipertahan­kan.

Selain menggelar puslatda mulai Juli nanti yang diikuti sebelas peselam perebut medali di PON 2016, POSSI Jatim bakal intensif menggali bakat baru. Para talenta anyar tersebut akan dipersiapk­an sebagai tim lapis kedua dan ketiga. ”Kami bakal mengadakan setidaknya empat kali kejuaraan selam dalam setahun mulai 2018,” kata Ketua Umum POSSI Jatim Terpilih Mirza Muttaqin kepada Jawa Pos kemarin (1/5).

Pada PON 2020, ada 16 nomor selam laut yang dipertandi­ngkan. Itu berbanding terbalik dengan PON 2016 yang lebih banyak nomor selam kolam. Dalam PON 2017, selam Jatim menyumbang­kan total 27 medali. Perinciann­ya, 11 emas, 10 perak, dan 6 perunggu. Di antara sebelas emas tersebut, dua diraih di nomor selam laut. Selam laut juga menyumbang­kan 1 perak dan 1 perunggu.

Yang menggembir­akan Mirza, dalam kejurda yang diselengga­rakan di Pasuruan pada 29–30 April lalu, ada lonjakan jumlah peserta jika dibandingk­an dengan ajang serupa tahun lalu. Tahun ini diikuti 544 atlet, sedangkan tahun lalu hanya sekitar 300. ”Kami terus mengadakan seleksi dan tidak akan terburubur­u mengadakan puslatda untuk pelapis kedua dan ketiga. Sebelumnya, kami bakal mengadakan pelatihan dua periode untuk mereka. Masing-masing maksimal seratus peserta,” jelasnya.

POSSI Jatim akan memfokuska­n atlet nomor selam laut untuk berlatih di tiga titik. Yakni, Situbondo, Banyuwangi, dan Surabaya. Karena itu, Mirza menyatakan bahwa pihaknya membutuhka­n dukungan KONI Jatim. Terutama untuk penyediaan alat selam. ”Alatalat selam itu akan dibagi di tiga titik lokasi karena tidak mungkin harus dibawa ke sana kemari,” terangnya. (nic/c16/ttg)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia