Jawa Pos

Cedera, Hanna Bakal Dicoret

Tim Piala Sudirman Krisis Pemain Putri

-

JAKARTA – Peluang para pebulu tangkis Indonesia untuk menyabet titel juara dari ajang Piala Sudirman 2017 memang kecil. Langkah mereka kian berat karena harus berhadapan dengan Denmark dan India di grup 1D.

Kekhawatir­an pun datang dari sektor putri. Menangani para pemain muda, pelatih tunggal putri Indonesia Minarti Timur harus pandai-pandai memutar otak agar bisa mengunggul­i lawan-lawannya. Capaian anak asuhnya pada Badminton Asia Championsh­ip (BAC) April lalu kurang memuaskan.

Meski tipis, masih ada kesempatan untuk mencuri poin di Gold Coast, Australia. ’’Lawan kami memang berat. India punya pemain bagus seperti Pusarla V. Sindhu dan Saina Nehwal. Tapi, kami harus tetap meningkatk­an kepercayaa­n diri anak-anak,” ujar Minarti.

Masa depan tunggal putri wakil Cipayung makin kritis karena Hanna Ramadini dipastikan absen pada ajang tersebut. Pemain 22 tahun itu sedang dibekap cedera lengan. Otomatis, skuad Merah Putih menyisakan Gregoria Mariska Tunjung, Dinar Dyah Ayustine, dan Fitriani.

’’Saya sudah coba paksa Hanna untuk bermain, tapi hasilnya kurang bagus. Saya khawatir malah tambah parah kalau dipaksakan. Dengan terpaksa, Hanna tidak kami masukkan ke tim,” tutur Minarti.

Nah, menghadapi Piala Sudirman pada 21–28 Mei, Minarti berupaya keras untuk menggenjot latihan Dinar Dyah Ayustine dkk. Rencananya, para pemain digenjot dengan latihan fisik lebih dulu. ’’Mendekati turnamen, baru kami kejar latihan tekniknya biar tajam,” imbuh Minarti.

Untuk menghadapi India dan Denmark, strategi khusus tengah dimatangka­n Minarti. Fitriani dan Dinar Dyah Ayustine akan menjadi pilihan utama. Minarti bakal memanfaatk­an gaya permainan Dinar yang cepat dalam menyerang. Sementara itu, Fitri dipersiapk­an untuk bermain dengan sabar dan meng- andalkan permainan rally. Sebab, Fitri dinilai memiliki kelincahan kaki yang lebih jika dibandingk­an dengan teman-temannya.

’’Gaya bermain Fitriani itu mirip Susi Susanti dulu. Hanya, mentalnya masih kurang bagus. Melihat pemain yang lebih berpengala­man, dia sering tegang,” ucap Minarti.

Absennya Hanna di Piala Sudirman pun sudah diketahui Kabidbinpr­es PBSI Susi Susanti. Susi menyatakan, pihaknya tengah mencari pengganti Hanna. ’’Rencananya, baru 4 Mei kami umumkan nama-namanya,” katanya. (tif/c18/tom)

 ?? PBSI ?? TAMBAL SULAM: Gregoria Mariska Tunjung (kiri) berpeluang menggantik­an Hanna Ramadini di tim Piala Sudirman. Hanna saat ini mengalami cedera.
PBSI TAMBAL SULAM: Gregoria Mariska Tunjung (kiri) berpeluang menggantik­an Hanna Ramadini di tim Piala Sudirman. Hanna saat ini mengalami cedera.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia