Jawa Pos

Bonek Blitar Siap ’’Away’’

-

MEREKA tinggal di Blitar. Namun, mereka adalah pendukung fanatik Persebaya Surabaya. Mereka adalah komunitas yang menamakan dirinya Bonek Bumi Bung Karno.

Saat PSBI Blitar ditetapkan satu grup dengan Persebaya di Liga 2 tahun ini, mereka pun bersorak. Sebab, mereka bisa mendukung langsung Persebaya saat bentrok dengan PSBI. Sayang, lokasi laga PSBI versus Persebaya masih simpang siur. Namun, menurut Ina Sila, salah satu senior di Bonek Bumi Bung Karno, dirinya dan rekan-rekan siap mendukung di mana pun Persebaya bermain.

Ina dan rekan-rekannya memang kecewa tak bisa melihat tim kesayangan bermain di Blitar. Tapi, kekecewaan itu bisa dimaklumi. Sebab, risiko keamanan jika Persebaya bermain di Blitar sangat tinggi. ’’Jadi, lebih baik main di luar Kota Blitar saja, kami yang away,’’ tuturnya.

Ina menambahka­n, Bonek di Blitar sudah terbiasa melakukan tret-tet-tet. Karena itu, tidak jadi masalah pertanding­an digelar di luar Blitar.

Perempuan berhijab itu mengungkap­kan, di Blitar memang banyak komunitas Bonek. ’’Saat tret-tet-tet, mereka memang jarang terkoordin­asi. Kebanyakan komunitas itu berangkat sendirisen­diri dengan moda transporta­si favorit mereka,’’ jelasnya.

Komunitas Bonek Bumi Bung Karno sendiri kerap memakai minibus untuk tret-tet-tet. ’’Soalnya bisa mengangkut banyak dan nyaman,’’ jelas perempuan 26 tahun itu.

Seperti Bonek di kota asalnya, ada juga komunitas Bonek di Blitar yang memilih estafetan saat Persebaya bermain. ’’ Tapi, kami sudah memperinga­tkan, lebih baik berangkat terorganis­asi. ’’ katanya. (rid/c17/bas)

 ?? INA FOR JAWA POS ??
INA FOR JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia