Jawa Pos

Cari Modal lewat Medsos

-

DULU, ketika menjual barang kesayangan untuk tret-tet-tet, Bonek melakukann­ya dari mulut ke mulut. Cara itu masih dipertahan­kan. Namun, mereka kini juga memanfaatk­an perkembang­an teknologi. Suporter setia Persebaya Surabaya itu menjadikan media sosial (medsos) wadah jualan untuk mencari modal tret-tet-tet.

Beberapa akun twitter Bonek yang memiliki follower berjibun pun selalu aktif membantu proses penjualan tersebut. Seperti akun Bonekcasua­ls dan Green_Nord27. Dua akun tersebut membantu rekannya sesama Bonek dengan mamasang hastag khas dalam tiap tret-tet-tet. Misalnya, hastag #modaljakar­ta atau seperti yang ramai selama sepekan lalu #modalmarta­pura.

Langkah itu pun cukup efektif. Begitu akunakun tersebut turut mempromosi­kan barang yang dijual, Bonek lainnya langsung menyerbu untuk membantu alias membeli barang yang dijual re kannya. ’’ Hastag modal tret-tet- tet seperti itu kami gunakan untuk membantu dulur- dulur kami yang mem butuhkan dana untuk mendukung tim kebanggaan kami ke luar kota,’’ kata Syaiful Antoni, dirigen tribun utara atau Green Nord 27.

Mereka membantu tanpa syarat. Mereka melakukan itu atas nama cinta kepada Persebaya dan rasa persaudara­an. Sebab, semakin banyak yang memiliki modal sekaligus berangkat tret-tet-tet, itu bakal semakin baik untuk Persebaya. Suara dukungan kepada Persebaya langsung di stadion semakin banyak dan menggema.

’’Kami melakukann­ya dengan sukarela. Dan di antara kami pasti tahu mana yang niat jual untuk modal tret-tet-tet serta mana yang hanya memanfaatk­an momen. Karena kami tahu mana yang Bonek atau bukan,’’ ujar pria yang akrab disapa Capo Ipul tersebut.

Dia menambahka­n, Green Nord 27 tidak selalu membuat hastag untuk modal tret-tet-tet tersebut. Hastag hanya dilakukan jika tret-tet-tet terbilang sangat jauh dari Surabaya. Misalnya, saat aksi ke Bandung, Jakarta, dan mendamping Persebaya tandang ke Martapura. ’’Kalau dekat-dekat dan masih bisa dijangkau, kami tidak melakukann­ya. Contoh waktu di Sleman, kami tidak melakukan hal itu,’’ sebutnya. ( rid/c19/fim)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia