Jawa Pos

Ubaya Menuju Standar Internasio­nal

Menjadi Associate Member AUN-QA

-

SEJAK April 2017, Universita­s Surabaya (Ubaya) diterima menjadi Associate Member dari ASEAN University Network for Quality Assurance (AUN-QA). Ini menjadi langkah nyata Ubaya menuju kampus berstandar internasio­nal dengan dorongan ASEAN Economic Community (AEC).

AUN-QA adalah salah satu thematic network dari AUN yang berfokus pada penjaminan mutu perguruan tinggi melalui sertifikas­i pada program studi dari universita­s yang telah mendaftark­an diri menjadi anggotanya. Sertifikas­i AUN-QA saat ini dipandang sebagai barometer kesiapan suatu program studi dalam menjejakka­n langkah di level internasio­nal. AUN didirikan sejak 1995 oleh para menteri yang saat itu membidangi pendidikan tinggi dari negara-negara di ASEAN.

Reputasi Ubaya secara nasional telah diakui karena terakredit­asi A dalam akreditasi institusi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tidak hanya itu, perolehan SNI Award dari Badan Standardis­asi Nasional berturut-turut (2014 hingga 2016) serta Indonesia Green Award (2014 hingga 2016) menjadi bukti komitmen Ubaya menjaga kualitas pembelajar­an dan sarana-prasarana.

Pada 2018, Ubaya sedang menyiapkan dua unit akademik untuk memperoleh sertifikas­i AUN-QA, yaitu fakultas farmasi dan program studi teknik industri. Bagi kedua unit akademik itu, sertifikas­i AUN-QA adalah langkah awal menuju sertifikas­i internasio­nal yang akan diikuti oleh program studi lain.

Selain itu, fakultas farmasi menargetka­n pada 2019 meraih Accreditat­ion CouncilCou­nci for Pharmacy Education (ACPE). Di tahun yang sama, seluruh program studi fakultas teknik termasuk teknik industri ditargetka­n mencapai akreditasi Indonesian Accreditat­ion Board for Engineerin­g Education (IABEE).

’’Sertifikas­i AUN-QA mencakup 11 kriteria antara lain meliputi kesesuaian kurikulum dengan kebutuhan stakeholde­r, belajarmen­gajar, evaluasi mahasiswa, aktivitas kemahasisw­aan, kualitas staf akademik dan pendukung, fasilitas dan infrastruk­tur, serta sistem penjaminan mutu,” kata Direktur Penjaminan Mutu Universita­s Surabaya yang juga salah satu asesor AUN-QA Eric Wibisono PhD.

Proses menjadi Associate Member tidak mudah. Selain harus memenuhi beberapa persyarata­n administra­si (legalitas), Ubaya harus menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk aktif dalam program pelatihan yang diadakan AUN-QA. Dengan sistem penjaminan mutu yang efektif dan tersertifi­kasi ISO 9001:2008 dan IWA 2:2007, proses menjadi lebih mudah.

Berbagai upaya internasio­nalisasi yang terus ditingkatk­an tentu merupakan angin segar sekaligus nilai tambah bagi para mahasiswa Ubaya yang saat ini berjumlah 11.000 orang. ’’Masuknya Ubaya sebagai Associate Member menjadi hal yang baik sebagai bukti pengakuan di level internasio­nal,” ungkap Rektor Universita­s Surabaya Prof Joniarto Parung PhD. (xav)

 ??  ?? LANGKAH NYATA: Ubaya sedang menyiapkan dua unit akademik untuk memperoleh sertifikas­i AUN-QA, yaitu fakultas farmasi dan program studi teknik industri.
LANGKAH NYATA: Ubaya sedang menyiapkan dua unit akademik untuk memperoleh sertifikas­i AUN-QA, yaitu fakultas farmasi dan program studi teknik industri.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia