Jawa Pos

Pamerkan Kreativita­s Warga

-

SIDOARJO – Elemen penting perkembang­an desa adalah kemandiria­n perekonomi­an. Hal itulah yang berupaya diraih setiap desa. Tak terkecuali Desa Jiken, Kecamatan Tulangan. Terpilih mewakili lomba produk unggulan, Desa Jiken diharapkan bisa memberikan yang terbaik. Keaslian produk yang berasal dari potensi masyarakat menjadi senjata utama dalam lomba tersebut

Produk-produk unggulan itu dipamerkan Jumat lalu (28/4). Seluruh elemen masyarakat berbondong-bondong melihat produk kebanggaan desa. Kegiatan tersebut berlangsun­g di Balai Desa Jiken. Seluruh pelaku usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) turut serta.

Ibu-ibu tim penggerak pembinaan kesejahter­aan keluarga (TP PKK), karang taruna, sampai karang wreda juga berpartisi­pasi dalam pameran tersebut. Mereka menampilka­n produk makanan olahan yang bahannya banyak dihasilkan di Desa Jiken.

Acara semakin meriah karena dihadiri oleh anggota Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Tulangan. Juga rombongan Dinas Pemberdaya­an Masyarakat dan Desa, Pemberdaya­an Perempuan dan Perlindung­an Anak, Keluarga Berencana ( PMD P3A KB). Kepala Dinas PMD P3A KB M. Ali Imron hadir langsung untuk memantau perkembang­an desa. Pihak desa juga segara melaunchin­g Pasar Desa Jiken dalam waktu dekat.

Menurut Imron, antusiasme masyarakat Desa Jiken luar biasa saat memamerkan produk unggulan. Hal itu patut dicontoh warga desa lain. ”Kepercayaa­n diri dan semangat adalah langkah dalam mencapai kemajuan desa,” ujarnya.

Imron juga melihat satu per satu stan yang tertata rapi. Total ada 15 stan. Setiap stan dijaga oleh pelaku usaha dan pendamping dari desa. Contohnya, lapak produk konfeksi yang seluruh pekerjanya adalah warga desa setempat. ”Tujuan utama bisnis konfeksi ini memang diharapkan bisa menyedot tenaga kerja. Jadi, masyarakat bisa berperan dalam usaha ini,” papar Faris Hidayat, owner Faris Collection.

Selain itu, banyak produk unggulan yang perlu dievaluasi. Misalnya, olahan keripik pare, jadah, klepon, kembang goyang, peyek teri, serta mainan timbangan dan kincir angin untuk anak-anak. ”Semuanya dihasilkan oleh kreativita­s masyarakat Desa Jiken. Bahannya juga kebanyakan diproduksi di wilayah desa. Terutama produk makanan,” terang Kepala Desa Jiken Supomo.

Hari itu, rombongan tidak hanya melihat hasil-hasil produk unggulan Desa Jiken. Tetapi, Imron dan tim juga melihat seluk-beluk proses administra­si dan pelayanan di Balai Desa Jiken. Berkas-berkas yang diurus masyarakat tidak lagi membutuhka­n waktu lama untuk diproses. Pelayanan kesehatan dan edukasi juga rutin dilakukan. ”Saya lihat semangat untuk terus memperbaik­i desa di sini membara. Tinggal sebanyak apa nanti progresnya. Soal penilaian, kan kami sudah punya standar,” ujar Imron sembari mencicipi renyahnya olahan keripik pare dari kebun Desa Jiken. (via/c6/dio)

 ?? RESVIA AFRILENE/JAWA POS ?? PRODUK UNGGULAN: Ali Imron mengelilin­gi stan produk olahan makanan milik warga Desa Jiken.
RESVIA AFRILENE/JAWA POS PRODUK UNGGULAN: Ali Imron mengelilin­gi stan produk olahan makanan milik warga Desa Jiken.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia