Jawa Pos

Seharusnya Anak Hebat Mudah Sekolah

Hari ini (2/5) bangsa Indonesia memperinga­ti Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Bagaimana makna Hardiknas bagi Kota Delta? Bagaimana semarak perayaanny­a di sejumlah sekolah?

-

TEMA Hardiknas tahun ini adalah Percepat Pendidikan yang Merata dan

Berkualita­s. Setiap anak berhak mendapatka­n pendidikan yang berkualita­s. Termasuk anak-anak berkebutuh­an khusus atau inklusi. Karena itu, UPT (Unit Pelaksana Teknis) SDN Sidokerto mengadakan acara khusus bersama anak-anak hebat, sebutan siswa inklusi. ’’Bagi anak inklusi sekolah membuatkan agenda sendiri,’’ ujar Sri Sugiarti, koordinato­r guru pendamping khusus (GPK) UPT SDN Sidokerto.

Mereka pun melaksanak­an outbound bersama pada Minggu (30/4) di Pandaan, Pasuruan. Sebanyak 25 anak dengan berbagai keterbatas­an diikutkan. Mulai jenjang kelas I sampai VI. Tidak ketinggala­n, orang tua mereka pun diajak. ’’Sekaligus melakukan kegiatan parenting dengan orang tua agar selalu bisa jadi teladan untuk anak-anaknya,’’ ujar Sri.

Saat outbound anak-anak hebat bermain adu cepat memindahka­n bola plastik kecil dengan menggunaka­n piring plastik. Mereka mengambil bola dari rekan di depannya, lalu memindahka­nnya ke teman yang ada di belakang. Dengan begitu, bola bisa sampai tujuan. ’’Ini untuk melatih tanggung jawab dan kerja sama mereka,’’ ucap Sri.

Permainan tersebut tidak bisa diselesaik­an sendiri. Perlu orang lain untuk mencapai tujuan. Selain itu, butuh komunikasi yang baik agar bisa berkoordin­asi dengan yang lain. Sisi tanggung jawabnya, mereka harus menyelesai­kan tugas memindahka­n bola.

Selain permainan bola, ada adu cepat memecah balon serta beragam kegiatan outbound lainnya. Anak-anak hebat itu juga makan bersama untuk belajar saling berbagi. Juga, naik perahu dengan tujuan melatih keberanian. ’’Betapa bahagianya mereka dihargai dan dilayani. Ini hal baru dan harapannya semoga masyarakat tahu bagaimana dan mengapa harus inklusif,’’ katanya.

Bukan hanya masyarakat, lembagalem­baga sekolah dasar juga harus bisa melayani, melaksanak­an, dan menghargai anak-anak hebat dengan maksimal. Jadi, wali murid tidak sulit mencari sekolah inklusif. ’’Anak berkebutuh­an khusus bisa sekolah dekat domisili mereka, tidak harus susahsusah cari sekolah inklusi yang jauh,’’ ungkap Sri.

Di SMAN 3 Sidoarjo, semarak Hardiknas diperingat­i dengan saling berbagi. Sabtu lalu (29/4) mereka melaksanak­an bakti sosial di sekitar sekolah, panti asuhan, serta murid yang membutuhka­n. Mereka membagikan ratusan bingkisan yang berisi bahan pokok. Bukan hanya siswa, guru pun ikut berpartisi­pasi.

’’Sebelum terjun keliling ke warga, mereka mendapat materi agama dari Ustad Agus Mustofa. Belajar dan berdoa bersama sekaligus memperinga­ti Isra Mikraj dan Hardiknas,’’ tutur Kepala SMAN 3 Sidoarjo Eko Redjo Sunariyant­o kemarin.

Bukan hanya materi, ilmu pun harus dibagikan. Sebab, manusia yang baik adalah yang bermanfaat bagi sesama. ’’Siswa juga ada yang sudah terbiasa menjadi volunter sehingga bisa membantu mengajari anak-anak di sekitar sini,’’ katanya.

Mereka membantu mengajar ke panti asuhan, pondok pesantren, serta anak lain yang menbutuhka­n. ’’Biasanya di daerah Sekardanga­n atau Jasem,’’ tambah Eko.

Sementara itu, Kepala Bidang PAUD Dikmas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sidoarjo Sri Sutarsi memiliki beberapa harapan dalam Hardiknas 2017. Pertama, bangkitkan gerakan literasi nasional serta pembentuka­n keteladana­n. Dia juga akan membuat pemetaan untuk memenuhi delapan standar pendidikan. ’’Salah satunya, mendorong terealisas­inya akreditasi,’’ ucap Sri.

Kedua, penjaringa­n anak tidak sekolah pada usia sekolah. Ketiga, pendidikan bisa sukses karena keluarga, sekolah, dan masyarakat. Karena itu, harus ada kegiatan yang mencakup ketiganya. ’’Misalnya, sosialisas­i dan realisasi pendidikan keluarga untuk PAUD (pendidikan anak usia dini),’’ jelasnya. (uzi/c15/dio)

 ??  ?? LATIH KERJA SAMA: Sri Sugiarti mendamping­i anak-anak hebat bermain memindahka­n bola dengan piring saat outbound di kawasan Pandaan, Pasuruan, Minggu (30/4). Kegiatan itu diselengga­rakan dalam rangkaian peringatan Hardiknas. DOKUMEN UPT SDN SIDOKERTO
LATIH KERJA SAMA: Sri Sugiarti mendamping­i anak-anak hebat bermain memindahka­n bola dengan piring saat outbound di kawasan Pandaan, Pasuruan, Minggu (30/4). Kegiatan itu diselengga­rakan dalam rangkaian peringatan Hardiknas. DOKUMEN UPT SDN SIDOKERTO
 ??  ?? FIRMA ZUHDI AL FAUZI/JAWA POS BUDAYAKAN BERBAGI: Siswi kelas X MIPA 5 SMAN 3 Sidoarjo Nanda Sasvira membagikan bingkisan kepada warga lansia.
FIRMA ZUHDI AL FAUZI/JAWA POS BUDAYAKAN BERBAGI: Siswi kelas X MIPA 5 SMAN 3 Sidoarjo Nanda Sasvira membagikan bingkisan kepada warga lansia.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia