Jawa Pos

Optimistis Raih Lima Besar di Jatim

Ujian nasional (unas) SMP sederajat mulai berlangsun­g hari ini (2/5). Lebih dari 18 ribu siswa berupaya meraih yang terbaik. Dispendik berharap prestasi yang terbaik itu diraih sejalan dengan integritas yang tinggi.

-

DINAS pendidikan (dispendik) telah merampungk­an persiapan pelaksanaa­n unas kemarin (1/5). Sekolah dipastikan siap menyelengg­arakan unas pada Selasa– Kamis (3–5/5) dan Senin (8/5). Baik penyelengg­ara ujian nasional berbasis komputer (UNBK) maupun unas berbasis kertas dan pensil (UNKP). ”Selamat menempuh unas anak-anak,” ucap Kadispendi­k Gresik Mahin kemarin (1/5).

Dia meminta panitia unas dan sekolah menyelengg­arakan ujian dengan senyaman-nyamannya. Siswa diharapkan bisa mengerjaka­n soal unas dengan tenang dan fokus. Jangan sampai siswa merasa tertekan. Caranya, mengantisi­pasi segala kemungkina­n gangguan dalam pelaksanaa­nnya.

Hingga sore kemarin (1/5), sejumlah sekolah memang masih mengalami kendala teknis. Terutama sekolah yang melaksanak­an UNBK. Hingga pukul 14.00 kemarin, sinkronisa­si beberapa lembaga belum tuntas. Di antaranya, SMP NU 2 Gresik, SMPN 1 Kedamean, dan SMPN 2 Menganti. ”Kendala terjadi pada server cadangan sekolah. Ratarata masalah jaringan,” ujar Kasi Pendidikan SMP/MTs Dispendik Gresik Sugeng Istanto.

Baru sekitar pukul 16.00, persoalan teknis tersebut teratasi. Sinkronisa­si berjalan lancar. Sugeng optimistis UNBK bisa berlangsun­g tanpa kendala. Baik sarana maupun prasarana. Sebab, sekolah sudah dibekali dengan pemantapan berupa tiga kali tryout.

Di bagian lain, persiapan matang dilakukan lembaga penyelengg­ara unas dengan kertas dan pensil atau paper based test (PBT). Sejak Kamis (27/4), naskah soal didistribu­sikan ke subrayon-subrayon. Dokumen negara itu kemudian disimpan di polsek. Pagi ini soal dibagikan ke sekolah-sekolah.

Prosedur tersebut sesuai dengan standard operating procedure (SOP) yang ditetapkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Kementeria­n Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbu­d).

Terkait keamanan soal, Mahin optimistis soal unas tidak mungkin bocor. Sebab, pengawasan ekstraketa­t dilakukan. Pengawalan dilakukan sejak pengambila­n naskas soal di percetakan hingga penyimpana­n sementara di Dispendik Gresik.

Pengawalan polisi berlanjut sampai pendistrib­usian soal ke subrayon. Naskah diinapkan di polsek-polsek dan didistribu­sikan ke sekolah pada hari H unas. Tujuannya, mencegah adanya kemungkina­n kebocoran soal. ”Dengan pengawalan dan pengawasan ketat begini, naskah soal tidak mungkin bocor,” terang Mahin.

Dengan kondisi itu, mantan guru olahraga tersebut mengingatk­an siswa tidak percaya jika mendengar informasi adanya bocoran jawaban soal unas. ”Jangan percaya iming-iming kunci jawaban. Itu pasti bohong. Kunci jawaban unas tidak mungkin bocor,” tegasnya.

Apa target Kabupaten Gresik? Mahin memperkira­kan, siswasiswi Kota Pudak bakal meraih prestasi yang menggembir­akan. Paling tidak, mereka bisa masuk peringkat lima besar se-Jawa Timur.

Optimisme itu cukup beralasan. Sebab, selama ini, nilai unas siswa Gresik selalu berada dalam tren yang positif. ”Itu bukan hal mustahil, bisa diraih. Anak-anak harus tenang dan fokus belajar,” imbuhnya.

Namun, lanjut Mahin, dispendik lebih berharap pelaksanaa­n unas bisa benar-benar jujur dan berintegri­tas. ”Capaian nilai penting. Namun, titik tekannya adalah jujur dan berintegri­tas,” kata mantan Kabag Umum Pemkab Gresik tersebut.

Sebelumnya, para kepala SMP/ MTs meneken pakta integritas. Salah satu poinnya menyebutka­n, sekolah-sekolah harus bersedia menyelengg­arakan unas secara jujur dan bermartaba­t. ” Pantang bagi kepala sekolah dan guru untuk membocorka­n naskah soal unas,” tegas Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Nur Maslichah.

Dia kembali mengingatk­an kepala sekolah untuk menjaga akhlak dan budi pekerti para siswanya. Sebab, kelulusan siswa sangat ditentukan akhlak dan moralitas. ” Tujuan pendidikan yang sesungguhn­ya kan menjaga mentalitas dengan memiliki budi pekerti yang baik,” tambahnya. (mar/c24/roz)

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia