Jawa Pos

SLB Yakin Lulus 100 Persen

-

SEKOLAH luar biasa (SLB) menyiapkan pengawas khusus untuk pelaksanaa­n unas hari ini. Di SLB Kemala Bhayangkar­i 2, lima siswa berkebutuh­an khusus siap ikut unas. Seluruhnya penyandang tunarungu.

”Pengawasny­a khusus. Semuanya guru SLB yang terbiasa menangani anak berkebutuh­an khusus (ABK),” ujar Kepala SLB Kemala Bhayangkar­i Siti Fatimah.

Menurut Fatimah, pada 2016 ada beberapa kendala yang mewarnai jalannya unas. Salah satunya, siswa tidak mengisi penuh lingkaran di lembar jawaban kerja (LJK). Siswa juga kerap salah menulis tahun pelajaran di kolom tanggal lahir. Untuk mengatasi masalah tersebut, sekolah mengadakan bimbingan khusus. ”Cara mengerjaka­n soal juga diajarkan,” ungkapnya.

Pengawas memiliki kompetensi khusus. Utamanya terkait cara berkomunik­asi dengan siswa tunarungu. Fatimah yakin siswanya mampu menjalani unas dengan lancar. Meski berkebutuh­an khusus, semangat mereka tinggi. ”Mereka tidak pernah mau kalah dengan siswa yang normal,” ungkapnya.

Peserta didik SLB Kemala Bhayangkar­i selalu lulus 100 persen. Bahkan, sekolah yang berlokasi di kawasan Randuagung itu pernah menempati 10 besar lulusan UNAS SLB terbaik di Jatim.

Hal serupa terlihat di SLB AL Falah Sembayat. Menjelang unas, persiapan semakin dimatangka­n. Mulai ruangan, nomor, hingga bimbingan untuk siswa. ”Sudah (dilakukan, Red) semua,” ujar Kepala SLB Al Falah Uman Ridlo.

Uman menyatakan juga telah menyiapkan pengawas khusus. Semuanya bertugas mendamping­i peserta tunarungu. ”Tunanetra tidak ada. Pengawas harus bisa bahasa isyarat,” jelasnya.

Uman juga optimistis anak didiknya bisa lulus 100 persen. Sebab, selama ini belum ada siswanya yang gagal unas. ”Pasti lulus semua,” ujarnya. ( adi/c10/roz)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia