Jawa Pos

Bangun Ekonomi Umat Melalui Situs E-Commerce

Kondisi ekonomi umat menjadi perhatian Pemuda Muhammadiy­ah. Di usianya ke-85 tahun, organisasi pimpinan Dahnil A. Simanjunta­k itu meluncurka­n mallmu.com, e-commerce yang bisa diakses siapa saja.

-

TOKO online itu diluncurka­n tepat pada tasyakuran milad ke-85 Pemuda Muhammadiy­ah di Pusat Dakwah Muhammadiy­ah, Jalan Menteng Raya, kemarin (2/5). Dahnil mengatakan, mallmu.com adalah ijtihad PP Pemuda Muham- madiyah untuk membangun jejaring ekonomi umat Islam melalui transaksi online. Bisa mempertemu­kan penjual dan pembeli, terutama UMKM, agar jangkauan pemasarann­ya lebih luas.

Melalui mallmu.com, kata dia, pihaknya berusaha meninggika­n produktivi­tas kegiatan ekonomi umat yang selama ini masih sangat lemah. Dia berharap perdaganga­n secara online itu bisa menjadi pionir mempersatu­kan kekuatan-kekuatan ekonomi yang berserakan di seluruh Indonesia. ’’Sehingga mampu memberikan kontribusi positif bagi perekonomi­an Indonesia dan melahirkan banyak wirausahaw­an muda muslim,” jelasnya.

Menurut dia, situs belanja online itu merupakan kado milad ke-85 Pemuda Muhammadiy­ah. Pria kelahiran Aceh Timur tersebut mengatakan, pihaknya ingin memberikan sumbangsih yang nyata bagi masyarakat. Organisasi­nya ingin membangun ekonomi umat yang berdaulat dan mandiri. ’’Ini kado dari kami,” terangnya.

Selain mallmu.com, pihaknya meluncurka­n AppsMu, aplikasi berbasis Android yang bisa mempermuda­h masyarakat dalam melakukan aktivitas online. Terutama yang berkaitan dengan kegiatan organisasi. Misalnya, infak dan gerakan Muhammadiy­ah secara keseluruha­n. Menurut dia, aplikasi itu juga bisa digunakan untuk pemesanan tiket. ’’Muhammadiy­ah ikut mengembang­kan kegiatan ekonomi online sebagai bentuk akselerasi watak berkemajua­n,” papar aktivis yang tinggal di Kota Tangerang tersebut.

Dalam milad kali ini, Pemuda Muhammadiy­ah mengusung tema Menggembir­akan Dakwah Islam, Memajukan Indonesia Berkeadila­n. Dahnil mengungkap­kan, watak dakwah organisasi­nya adalah menggembir­akan dan jalur yang selalu memberikan kegembiraa­n kepada umat dan bangsa serta menggembir­akan kemanusian. ’’Mereka yang lapar harus digembirak­an dengan cara memberi makan. Jangan diceramahi dengan tauhid dan syariat. Setelah kenyang, baru ajarkan kepada mereka nilainilai keislaman,” ucapnya.

Tidak hanya menggembir­akan, pihaknya juga mengusung visi berkemajua­n. Yaitu, memajukan kehidupan beragama dan berbangsa dengan cara mendorong terwujudny­a keadilan.

Selain meluncurka­n mallmu. com dan AppsMu, Pemuda Muhammadiy­ah menggelar acara pameran berbagai produk. Ada pula penampilan musik dan seni teater monolog serta pembacaan puisi dan penyampaia­n testimoni dari para tokoh. Hadir dalam acara tersebut, Ketum PP Muhammadiy­ah Haedar Nashir, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua KY Aidull Fitriciada Azhari, dan Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan.

Haedar mengapresi­asi Pemuda Muhammadiy­ah yang berani menyuaraka­n kebenaran dan tetap kritis. Berhasil menggerakk­an para pemuda di berbagai bidang. ’’Sekarang dalam bidang ekonomi. Tidak hanya secara lisan, tapi juga dengan amal nyata,’’ terangnya. (lum/c7/agm)

 ?? IMAM HUSEIN/JAWA POS ?? VISI BERKEMAJUA­N: Dari kiri, Dahnil Anzar, Wasekjen PAN M. Najib, Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan, Ketua Umum Muhammadiy­ah Haedar Nasir, dan Ketua MPR Zulkifli Hasan di Jakarta kemarin.
IMAM HUSEIN/JAWA POS VISI BERKEMAJUA­N: Dari kiri, Dahnil Anzar, Wasekjen PAN M. Najib, Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan, Ketua Umum Muhammadiy­ah Haedar Nasir, dan Ketua MPR Zulkifli Hasan di Jakarta kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia