Jawa Pos

Perguruan Tinggi Agen Pertumbuha­n Ekonomi

-

SURABAYA – Kementeria­n Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenriste­kdikti) mengajak perguruan tinggi untuk menghasilk­an lulusan yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja dan industri. Ke depan, jumlah perguruan tinggi vokasi lebih ditingkatk­an dan keterlibat­an industri semakin diintensif­kan.

’’Perguruan tinggi harus lebih dapat memerankan dirinya sebagai agent of economic developmen­t di samping agent of education dan agent of research and developmen­t,’’ ujar Menristekd­ikti Mohamad Nasir saat peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2017 di kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) kemarin (2/5).

Dia berharap peringatan Hardiknas 2017 dijadikan momentum untuk peningkata­n mutu serta relevansi pendidikan tinggi. Perguruan tinggi juga harus bisa menjadi agen pertumbuha­n ekonomi. ”Dalam melaksanak­an Tri Dharma Pendidikan Tinggi, perguruan tinggi harus memperhati­kan dampak dari aktivitasn­ya terhadap pengembang­an ekonomi, terutama ekonomi di daerah,” ucapnya.

Tema yang dicanangka­n Ke- menristekd­ikti dalam peringatan Hardiknas tahun ini adalah

Rangkaian puncak peringatan Hardiknas 2017 Kemenriste­kdikti diawali dengan pelaksanaa­n upacara bendera di Stadion ITS. Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir hadir sebagai pembina upacara bendera.

Upacara tersebut diikuti kepala lembaga pemerintah non kementeria­n (LPNK) di bawah koordinasi Kemenriste­kdikti, jajaran eselon I Kemenriste­kdikti, rektor dan direktur PTN se-Jawa Timur, koordinato­r kopertis VII, rektor PTS di Surabaya, serta 5.500 peserta upacara yang berasal dari mahasiswa dan dosen PTN dan PTS di Surabaya. (swn/c17/wir)

 ??  ?? Peningkata­n Relevansi Pendidikan Tinggi untuk Mendukung Pertumbuha­n Ekonomi.
Peningkata­n Relevansi Pendidikan Tinggi untuk Mendukung Pertumbuha­n Ekonomi.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia