Jawa Pos

Konsumen Tertarik Umrah Plus Berlibur

-

SURABAYA – Lantaran antrean ibadah haji begitu panjang, masyarakat mulai beralih melakukan ibadah umrah. Peminatnya terus meningkat dari tahun ke tahun.

Presiden Direktur Travel Dream Tour Halid Umar Bakadam mengungkap­kan, kontribusi Jawa Timur cukup besar dalam pemberangk­atan jamaah haji atau umrah. ”Karena di Jatim ini banyak pondok pesantren sehingga membantu kontribusi di travel,” kata Halid setelah soft opening Dream Tour di Surabaya kemarin (2/5). Secara nasional, Jatim menyumbang kontribusi sebesar 15 persen.

Berdasar statistik visa, pada 2016 jumlah keseluruha­n jamaah dari Jawa Timur yang berangkat umrah saja mencapai 100 ribu orang. ”Jadi, pasar di Jatim sendiri memang sangat besar potensinya,” ujar Halid.

Di samping itu, travel yang terdiri atas haji atau umrah dan sekaligus paket liburan juga berpotensi di Jatim. Halid menjelaska­n, Dream Tour fokus di dua bidang, yaitu di konvension­al yang menyediaka­n paket liburan dan di bidang umrah haji. Tren saat ini, masyarakat mengingink­an umrah sekaligus berlibur. Dengan demikian, menurut Halid, bisnis travel two in one seperti itu juga cukup menjanjika­n. Untuk umrah, Dream Tour berpartner dengan Saudi Airlines. Untuk yang konvension­al, Dream Tour berpartner dengan Garuda dan pesawat berbiaya rendah seperti AirAsia.

Lesunya perekonomi­an dan maraknya penipuan travel tidak berimbas pada minat masyarakat untuk beribadah ke Tanah Suci. Sebab, menurut Halid, umrah menjadi sebuah kebutuhan di tengah waktu tunggu haji yang semakin lama. (car/c20/sof)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia