Jawa Pos

Incar Kursi Mahasiswa UI, Kini Intensif Bimbel

Asyistadia­h Kartika Ilmiya mendadak menjadi perbincang­an. Siswi SMAN 1 Muara Teweh jurusan IPA itu berhasil membanggak­an sekolah dan keluargany­a berkat prestasiny­a sukses mengantong­i skor 100 untuk mata pelajaran bahasa Inggris pada pelaksanaa­n UNBK.

- HERMAN, Muara Teweh

GADIS 17 tahun itu baru saja memulai petualanga­n pendidikan. Setelah sukses mendulang nilai sempurna untuk mata pelajaran bahasa Inggris saat UNBK lalu, dia bertekad melanjutka­n kuliah di Universita­s Indonesia (UI).

Saat ini, putri pertama pasangan Muhammad Hasbi Assidiki dan Rosanah itu mengikuti bimbingan belajar di Depok, Jawa Barat, sebagai persiapan mengikuti SBM PTN 2017.

Perguruan tinggi yang diminatiny­a adalah Universita­s Indonesia (UI), rencananya mengambil jurusan ahli gizi dan kimia. Pilihan lainnya Jurusan Kedokteran Gigi Universita­s Padjadjara­n.

Asyistadia­h tidak memiliki hobi yang spesifik. Memang, mata pelajaran yang digemari adalah kimia, biologi, dan bahasa Inggris. Dalam persiapan sebelum pelaksanaa­n ujian nasional berbasis komputer (UNBK), dia hanya mengikuti les serta belajar mandiri di rumah. ”Sedangkan jam belajar per hari bergantung

mood atau kesenangan. Saat mengisi jawaban, awalnya benar-benar dipikir. Tapi, kalau sudah mentok, asal isi mengikuti

feeling,” celetuk Asyistadia­h. Sementara itu, Muhammad Hasbi Assidiki, sang ayah, tentu merasa senang anaknya mampu meraih angka tertinggi pada nilai kelulusan UNBK tahun ini. ”Saya merasa bersyukur atas keberhasil­annya. Saat ini sedang fokus mengikuti bimbingan belajar di Depok, Jawa Barat,” kata Hasbi yang berprofesi PNS.

Kepala SMAN 1 Muara Teweh Razikinoor menyatakan, selain mendapatka­n nilai 100 untuk mata pelajaran bahasa Inggris pada jurusan IPA, secara prestasi akademik lainnya, Asyistadia­h cukup menonjol.

”Kami merasa bersyukur atas prestasi yang diraih siswa ini dengan mengangkat nama sekolah. Oleh sebab itu, saya mengajak seluruh dewan guru di SMAN 1 Muara Teweh untuk mencetak dan tetap mempertaha­nkan prestasi yang sudah diraih ini,” kata Razikin. (*/c3/c6/ami)

NAMA

 ?? KALTENG POS/JPG ?? INGIN JADI AHLI GIZI: Asyistadia­h Kartika Ilmiya (kanan belakang) bersama keluarga.
KALTENG POS/JPG INGIN JADI AHLI GIZI: Asyistadia­h Kartika Ilmiya (kanan belakang) bersama keluarga.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia