Jawa Pos

RS Terapung Unair Kelar Bulan Ini

Biaya Operasiona­l Rp 4 M Per Bulan

-

JAKARTA – Pelayanan kesehatan untuk warga yang tinggal di pulau-pulau kecil di Indonesia Timur bakal semakin mudah. Universita­s Airlangga (Unair) Surabaya sedang membangun rumah sakit terapung dari kapal kayu pinisi dengan berat 200 gross ton. Kapal yang dinamai Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga itu bakal sandar di Surabaya akhir Mei ini.

Rektor Unair Prof M. Nasih bersama rombongan bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla kemarin (2/5). Mereka melaporkan perkembang­an terbaru kapal sepanjang 27 meter dengan lebar 7 meter yang dibuat di Galesong, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, tersebut. Selain itu, dibicaraka­n pengoperas­ian kapal tersebut. ”Dengan Pak Wapres soal regulasi dan kebijakan. Maka, tadi juga disarankan berkoordin­asi dengan BPJS,” ujar Nasih.

Kapal setara rumah sakit tipe C tersebut punya dua ruang operasi dan ruang pemulihan. Bakal ada empat dokter spesialis yang diikutsert­akan dalam kapal itu. Nasih menuturkan, kapal tersebut akan tiba di Surabaya pada akhir Mei. Setelah itu, semua peralatan pendukung akan ditempatka­n di dalam kapal. Pada Agustus, ada uji coba untuk membawa kapal tersebut ke pulaupulau kecil di Madura. Setelah itu, dilakukan evaluasi sebelum diberangka­tkan ke lokasi yang lebih jauh.

” Tujuan memang Indonesia Timur. Banyak kasus karena penanganan kurang cepat, akhirnya pasien tidak bisa terselamat­kan,’’ imbuh dia. Selain membawa peralatan medis, kapal tersebut dapat membawa misi lain. Misalnya, misi ekonomi dengan membawa barang-barang konsumsi ke pulau yang sulit dijangkau di Indonesia Timur. ’’Nanti bisa membuat semacam ekspedisi. Kami juga punya penelitian di Papua tentang malaria,’’ imbuh dia.

Operasiona­l kapal tersebut cukup mahal. Setahun kirakira dibu tuhkan dana hingga Rp 4 miliar. Tapi, dana tersebut bisa lebih ringan dengan bantuan dari ber bagai pihak, termasuk pe merintah daerah. ( jun/ c6/ oki)

 ?? JUNAEKA/JAWA POS ?? KESATRIA AIRLANGGA: Jusuf Kalla berbincang dengan M. Nasih (dua dari kanan) di Istana Wapres kemarin.
JUNAEKA/JAWA POS KESATRIA AIRLANGGA: Jusuf Kalla berbincang dengan M. Nasih (dua dari kanan) di Istana Wapres kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia