Jawa Pos

Tambahan E-KTP Minim Peminat

10 Ribu Blangko, Baru Terpakai 514

-

SURABAYA – Blangko e-KTP tiba sejak beberapa minggu lalu. Distribusi ke kecamatan pun sudah dilakukan. Namun, warga ternyata kurang antusias menyambutn­ya.

Blangko e-KTP kini tersedia di 11 kecamatan. Warga bisa menukarkan surat keterangan (suket) sebagai pengganti e-KTP. Rencananya, 10 ribu blangko yang tersedia dipriorita­skan untuk masyarakat yang memegang suket sejak 2016. Terutama warga Surabaya yang membuat suket pada Oktober–Desember 2016.

Kemarin (2/5) Dinas Kependuduk­an dan Catatan Sipil (Dispendukc­apil) Surabaya merekapitu­lasi hasil cetak e-KTP di seluruh Surabaya. Dari 10 ribu blangko yang disebar, hingga kini hanya 514 yang terpakai. ’’Masyarakat seharusnya proaktif mengajukan cetak blangko e-KTP,’’ ujar Kadisp endukcapil Suharto Wardoyo.

Anang, sapaan Suharto Wardoyo, menyatakan bahwa blangko e-KTP harus segera habis sebelum 18 Mei. Rencananya, tanggal itu Surabaya kembali mengajukan blangko tambahan ke Kementeria­n Dalam Negeri (Kemendagri). ’’ Target sebelum Rapat Kerja Nasional 18 Mei di Gorontalo, blangko e-KTP sudah habis. Jadi, Surabaya bisa dapat blangko e-KTP lagi dari Kemendagri,’’ katanya.

Sementara itu, permasalah­an teknis dihadapi beberapa kecamatan. Di Kecamatan Semampir dan Kenjeran, mesin pencetak e-KTP rusak. ’’Bagi yang printernya rusak, bisa nyetak di sini (dispendukc­apil, Red). Kita buka sampai jam delapan malam,’’ papar Anang.

Untuk memperlanc­ar pencetakan, dispendukc­apil menginstru­ksi setiap kecamatan agar tidak terlalu rumit dalam pengurusan e-KTP. ’’Kalau mau ngurus e-KTP tidak usah bawa surat pengantar dari kelurahan atau RT/RW. Langsung saja datang ke kecamatan,’’ jelasnya.

Selain itu, kecamatan yang sudah bisa mencetak blangko e-KTP sendiri bisa melakukan pencetakan untuk kecamatan lain. ’’Kecamatan Krembangan ini yang paling dekat dengan Kecamatan Asemrowo. Jadi bisa cetak di Krembangan kalau sudah tidak ada lagi yang dicetak di sana,’’ jelas Anang. (gal/c15/oni)

 ?? GRAFIS: ERIE DINI/JAWA POS ?? Sumber: Dispendukc­apil Surabaya, data hingga kemarin (2/5)
GRAFIS: ERIE DINI/JAWA POS Sumber: Dispendukc­apil Surabaya, data hingga kemarin (2/5)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia