Jawa Pos

Asyiknya Anak TK saat Mengajar

-

SIDOARJO – Agnes Meviani, 5, sudah siap dengan berbagai alat peraga di ruang kelas sains di PGTK Pelangi Ceria, Waru, kemarin (2/5). Dia berdiri tegap di hadapan anakanak playgroup dengan penuh percaya diri. Wajahnya begitu ceria saat akan menggantik­an tugas (mengajar) sang guru. ”Adik-Adik, hari ini kita mau bikin gunung meletus ya,” kata Agnes dengan penuh semangat.

Tangan Agnes langsung mengambil soda, salah satu bahan untuk membuat gunung meletus. Di depannya, juga sudah disiapkan lilin malam yang telah dibentuk seperti gunung berwarna hijau. Lucu. ”Ada yang mau membantu menuangkan soda ini ke dalam kawah gunung?” serunya lagi.

Mendengar tawaran tersebut, Abiyyu Khaeruman Azam, 2, murid playgroup, langsung mengacungk­an tangannya tinggi-tinggi. ”Saya-saya, Kak,” teriak Abiyyu. Dengan telaten, Agnes membantu Abiyyu yang begitu semangat ingin membuat gunung meletus. Setelah soda dituangkan ke kawah, giliran pewarna merah yang dimasukkan. Lalu, cuka yang sudah berada di dalam alat suntik langsung dimasukkan ke selang kecil yang tersambung ke dalam gunung.

Tiba-tiba, busa berwarna merah keluar dari kawah gunung. Seluruh murid playgroup sangat senang. Begitu juga teman-teman TK A lain. ”Gunung meletusnya berhasil, AdikAdik,” ungkap Agnes senang.

Ya, kemarin adalah jadwal kelas inspirasi di PGTK Pelangi Ceria. Bedanya, kelas inspirasi tersebut melibatkan murid TK A sebagai guru untuk mengajar anak-anak playgroup. ”Hari ini (kemarin, Red), jadwalnya anak TK A yang menjadi guru,” jelas Ryma Novalina, humas PGTK Pelangi Ceria, Waru.

Dia menyatakan, kegiatan kelas inspirasi tersebut menyesuaik­an tema Hari Pendidikan Nasional. Yakni, education for all. ”Semua anak berhak mendapatka­n pendidikan,” ujarnya. (ayu/c23/hud)

 ?? ARYA DHITYA/JAWA POS ?? MENGEDUKAS­I: Anak-anak PGTK Pelangi Ceria, Waru, belajar membuat simulasi gunung meletus.
ARYA DHITYA/JAWA POS MENGEDUKAS­I: Anak-anak PGTK Pelangi Ceria, Waru, belajar membuat simulasi gunung meletus.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia