Jawa Pos

Guru Honorer Dapat Sertifikat Gratis

-

GRESIK - Guru-guru honorer memperoleh kado spesial dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada 2 Mei kemarin. Badan Pertanahan Nasional (BPN) bersama Pemkab Gresik meluncurka­n program pembuatan sertifikat gratis bagi guru honorer dan pegawai golongan rendah.

Lewat program itu, seluruh guru mendapat fasilitas kemudahan pembuatan sertifikat tanah. Selain itu, proses tersebut tidak dipungut biaya. Dalam program itu, pemkabBPN mengganden­g sejumlah perusahaan melalui program corporate social responsibi­lity (CSR).

Kemarin program yang dilabeli sertifikat untuk guru tersebut diluncurka­n di sela-sela perayaan Hardiknas di Kecamatan Wringinano­m. ”Itu sebuah inovasi yang luar biasa, terutama dari BPN. Sebab, Gresik adalah yang pertama,” kata Bupati Sambari Halim Radianto kemarin.

Dia menjelaska­n, dalam program tersebut, para guru honorer dan PNS golongan I (level staf tingkat paling bawah) akan memperoleh sertifikat (SHM) atas tanah/bangunan milik mereka. Ada sejumlah kriteria lain yang harus dipenuhi. Di antaranya, status/jenis tanah yang bisa disertifik­atkan dan soal luas tanah. ”Kriteria-kriteria mengacu pada aturan pertanahan,” ucapnya.

Pemkab-BPN memastikan program tersebut benar-benar bebas biaya. Sebab, program itu akan dibiayai melalui CSR yang disiapkan sejumlah perusahaan di Gresik. Selain program sertifikas­i guru, tahun ini BPN bersama pemkab merealisas­ikan program nasional (prona) sertifikas­i tanah. Ditargetka­n, tahun ini ada 16 ribu bidang yang memiliki sertifikat kepemilika­n resmi. (ris/c16/roz)

 ?? PEMKAB FOR JAWA POS ?? PERCONTOHA­N: Bupati Sambari menyerahka­n sertifikat gratis dari BPN Gresik kepada guru honorer dan staf pemkab saat peringatan Hardiknas di Wringinano­m kemarin.
PEMKAB FOR JAWA POS PERCONTOHA­N: Bupati Sambari menyerahka­n sertifikat gratis dari BPN Gresik kepada guru honorer dan staf pemkab saat peringatan Hardiknas di Wringinano­m kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia