Jawa Pos

Rambut Cantik dalam 15 Menit

-

SURABAYA – Seringnya, perempuan bingung mengubah gaya rambut supaya tidak berkesan itu-itu saja. Tuntutan untuk selalu tampil rapi ditambah ketatnya waktu memunculka­n keinginan untuk melakukan styling rambut cepat dan simpel.

Tomi Njoo, hairdresse­r, berbagi ilmu tentang cara menata rambut sendiri dengan sepuluh perempuan peserta workshop di mal Ciputra World, Senin (1/5). Tomi merupakan lulusan beragam sekolah dan kursus kecantikan seperti Rever Academy, L’Oréal Colour Master Class, Wella Academy, dan lain-lain. Seiring pengalaman­nya menjadi penata rambut, banyak curhatan dari pelanggann­ya tentang cara yang simpel agar rambut tertata apik.

Tutorial yang dia bagikan kemarin dapat dilakukan untuk rambut dengan panjang melebihi bahu. ”Bisa dipakai juga buat pemilik rambut tebal maupun tipis,” tuturnya. Tidak diperlukan waktu lama, hanya dibutuhkan 15 menit.

Gaya pertama yang diajarkan adalah up do dengan variasi full kepang. Yang ini cocok untuk ke pesta dan acara formal. ’’Beberapa orang juga menyebut model tersebut sebagai wedding style. Lagi ngetren juga,’’ jelasnya, lalu tertawa.

Sebelum memulai, alat yang perlu disiapkan adalah catokan curly yang memiliki diameter sedang, catokan dengan permukaan bergelomba­ng atau akrab disebut catok getar, jepit atau bobby pin, hairspray, sisir sasak, dan karet. ”Penggunaan catok sesuai selera. Kalau rambut mau dibuat terlihat lurus, ya, cukup di-blow saja,” tutur Tomi.

Setelah melakukan tutorial hairdo untuk acara formal, Tomi beralih ke penataan rambut untuk sehari-hari. Dia mempraktik­kan curly natural dengan poni angkat. Dia mengaplika­sikan nya pada rambut model Linda Kumalasari. Rambut Linda tipis dan lembut. Karena itu, rambutnya dicatok ke arah luar.

Langkah selanjutny­a, membuat variasi pada poni. Sebagian rambut depan diambil. Tarik garis lurus dari atas alis kanan dan kiri, lalu satukan di tengah kemudian jepit. Lanjutkan dengan menarik sedikit demi sedikit rambut dari sisi kanan dan kiri. Pelintir, lalu dijepit.( esa/c20/jan)

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? CURLY NATURAL: Rambut Linda Kumalasari terlihat maksimal dengan gaya poni angkat.
DIPTA WAHYU/JAWA POS CURLY NATURAL: Rambut Linda Kumalasari terlihat maksimal dengan gaya poni angkat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia