Jawa Pos

Rayakan Ultah, JK Curhat soal Pilkada

-

JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla memanfaatk­an perayaan ulang tahunnya ke-75 untuk mengklarif­ikasi beberapa isu yang mencuat dalam pilkada DKI Jakarta. Maklumlah, JK merasa menjadi salah seorang korban perundunga­n di media sosial. Mulai diisukan anti-etnis Tionghoa hingga dugaan intervensi terhadap pilgub DKI Jakarta.

JK menyatakan tidak pernah anti terhadap etnis Tionghoa. Buktinya, dia mengangkat Sofjan Wanandi menjadi ketua tim ahli wakil presiden. ’’Orang yang paling dekat dengan saya itu orang Tionghoa. Sofjan itu pagi, sore, siang, malam sama-sama saya,’’ celetuk JK di rumah dinas Wapres, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, kemarin (15/5).

Soal dukunganny­a terhadap duet Anies Baswedan-Sandiaga Uno, JK menegaskan bahwa dirinya pun berhak menentukan pilihan. Dia juga hanya memberikan masukan, bukan menginterv­ensi. Sebab, keputusan final berada di tangan ketua Partai Golkar. ’’Sebab, saya, di samping Wapres, ada hak untuk memilih dan dipilih. Jadi, saya punya hak untuk memilih orang kan,’’ tegas JK.

Pria kelahiran Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, itu berharap masyarakat kembali bersatu setelah pilkada. Bukannya terus terjebak pada polarisasi atau kubu-kubuan. ’’Kalau mau memperpanj­ang, tidak akan pernah habis,’’ katanya.

Dia menyadari, selama pelaksanaa­n pilkada, tensi politik sangat tinggi. ’’Saling curiga karena perkara pilkada kan asal usulnya,’’ ujar JK. ’’Kemudian, saling ucap-mengucap yang mengakibat­kan salah pengertian menjalar ke mana-mana,’’ lanjutnya.

Pada perayaan ulang tahun JK tersebut, hadir Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. JK mendapatka­n hadiah berupa dua buku. Salah satunya adalah buku berjudul #JK75: Cerita tentang Kalla yang ditulis 22 jurnalis yang meliput di istana wakil presiden. Buku itu berisi tentang sisi lain JK. Satu buku lainnya berjudul Adil Itu Damai yang memuat kumpulan pidato JK sepanjang 2016. (jun/c14/pri)

 ?? MIFTAHULHA­YAT/JAWA POS ?? AJAK SEMUA LEGAWA: Wapres Jusuf Kalla yang didampingi Ibu Mufidah Kalla memberikan potongan kue ulang tahunnya kepada Gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan di rumah dinas wakil presiden kemarin.
MIFTAHULHA­YAT/JAWA POS AJAK SEMUA LEGAWA: Wapres Jusuf Kalla yang didampingi Ibu Mufidah Kalla memberikan potongan kue ulang tahunnya kepada Gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan di rumah dinas wakil presiden kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia