Jawa Pos

Putin Bela Uji Coba Rudal

-

SEOUL – Korea Utara (Korut) akhirnya bisa memberi tahu dunia bahwa uji coba rudal balistik mereka berhasil setelah dua kali gagal. Keberhasil­an tersebut menjadi berita utama di kantor berita KCNA. Pemimpin tertinggi Korut Kim Jongun melihat langsung saat Hwasong-12 itu diluncurka­n. Menurut versi Pyongyang, rudal tersebut mampu membawa hulu ledak nuklir berukuran besar.

”Jika AS berani melakukan provokasi militer pada DPRK, kami siap melawan,” ujar Kim sebagaiman­a dilansir KCNA.

DPRK adalah nama resmi Korut, yaitu Republik Rakyat Demokratik Korea. Korut menembakka­nnya ke atas sehingga rudal itu mencapai ketinggian 2.111,5 kilometer dan meluncur selama 30 menitan sejauh 787 kilometer sebelum akhirnya jatuh di Laut Jepang.

Beberapa pakar menduga Korut menahan diri. Sebab, jika ditembakka­n sesuai dengan kemampuann­ya, rudal itu akan meluncur hingga lebih dari 4.500 kilometer.

Spesialis aerospace engineerin­g John Schilling menyatakan, jika ditembakka­n dengan cara normal, Hwasong-12 bisa mencapai wilayah Guam, Amerika Serikat (AS), yang terletak di Laut Pasifik.

Meski lebih pro-Korut, Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in tetap mengecam uji coba tersebut. Menurut dia, itu adalah tindakan yang tidak bertanggun­g jawab. Seoul baru akan melakukan dialog dan pendekatan persuasif lainnya dengan Pyongyang jika negara yang paling terisolasi di dunia tersebut mengubah kelakuanny­a.

Sementara itu, Presiden Rusia Vladimir Putin juga ikut menegaskan bahwa uji coba tersebut berbahaya. Namun, dia tidak sepenuhnya menyalahka­n Korut. Menurut dia, Pyongyang berkelakua­n seperti itu karena terus diintimida­si. ”Kita harus berhenti mengintimi­dasi Korut dan menemukan solusi damai untuk masalah tersebut,” terang Putin saat berkunjung ke Beijing kemarin. (Reuters/AFP/sha/c22/any)

 ?? AP PHOTO ?? KLAIM UJI COBA SUKSES: Foto yang dirilis kantor berita Korut KCNA Minggu (14/5) ini menunjukka­n peluncuran rudal Hwasong-12 yang disebut-sebut mampu mencapai Guam, AS.
AP PHOTO KLAIM UJI COBA SUKSES: Foto yang dirilis kantor berita Korut KCNA Minggu (14/5) ini menunjukka­n peluncuran rudal Hwasong-12 yang disebut-sebut mampu mencapai Guam, AS.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia