Jawa Pos

Pekan Ini Rel LRT Palembang Dipasang

-

PALEMBANG – Keinginan warga Palembang untuk merasakan light rail transit (LRT), tampaknya, segera terwujud. Pengerjaan megaproyek itu terus menunjukka­n progres positif. Minggu ini dilakukan pemasangan rel.

”Iya, saat ini material LRT dalam perjalanan. Insya Allah kalau tidak ada halangan besok (hari ini, Red) tiba di pelabuhan,” kata Sekretaris Project Management Unit (PMU) Percepatan Penyelengg­araan LRT Palembang Ahmad Wahidin kepada Sumatera Ekspres ( Jawa Pos Group) kemarin (15/5).

Setelah tiba, sambung dia, material rel tersebut segera dipasang kontraktor PT Waskita Karya. Hanya, pihaknya berharap persyarata­n untuk mengeluark­an material rel itu tidak begitu ribet dan cepat. ”Kalau terlalu lama di pelabuhan, akan kena biaya lagi. Kondisi ini tentu memberatka­n,” ucapnya.

Selain itu, pembanguna­n fisik LRT tersebut berpacu dengan waktu dan harus selesai pada Januari 2018. Makanya, jangan sampai terhambat. Apalagi, itu merupakan proyek strategis nasional. ”Kami berharap ada kerja sama dengan PT Pelindo,” ungkap dia.

Rencananya, kata dia, tahap awal pemasangan rel tersebut dilakukan di zona I dan zona V. Sebab, di zona itu progres pembanguna­n lebih cepat bila dibandingk­an dengan daerah zona lain. Mulai pier, pier head, girder, hingga stasiun. ”Kami kejar di zona tersebut karena di dua zona (I dan V) itu yang paling memungkink­an,” ungkap dia.

Wahidin mengungkap­kan, kontraktor sudah menyiapkan alat sehingga untuk mobilisasi material rel sudah siap. ”Sekarang tinggal PT Pelindo memberikan kepastian kapan material tersebut bisa keluar dan dilakukan bongkar muat,” imbuhnya. Menurut Wahidin, berat masa rel tersebut sekitar 2.500 kg. Namun, untuk panjangnya, dia belum tahu. Yang pasti, LRT tersebut double track. ”Satu jalur bisa dilalui dua gerbong,” ujarnya. (yun/c10/ami)

 ?? KRIS SAMIAJI/SUMATERA EKSPRES/JPG ?? MENDAHULUI JAKARTA: Pengerjaan light rail transit (LRT) Palembang dikebut.
KRIS SAMIAJI/SUMATERA EKSPRES/JPG MENDAHULUI JAKARTA: Pengerjaan light rail transit (LRT) Palembang dikebut.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia