Jawa Pos

RI Incar Pusat Riset Tanaman Nuklir

-

JAKARTA – Sekitar dua jam Deputy Nuclear Science and Applicatio­n Badan Atom Internasio­nal (Internatio­nal Atomic Energy Agency/IAEA) Aldo Malavasi berkelilin­g Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi (PAIR) Batan, Lebak Bulus, Jakarta (15/5). Dia menyampaik­an kekaguman terhadap fasilitas milik Batan.

Salah satu tempat yang dikunjungi adalah fasilitas radiasi. Aldo juga mengunjung­i area tanam berbasis radiasi nuklir. Aldo menyatakan, Batan tak hanya unggul dari sisi fasilitas. ’’Batan juga me- megang peran penting membantu negara-negara tetangga,’’ katanya.

Ke depan, Aldo berharap pemerintah Indonesia bisa memberikan dukungan yang lebih maksimal kepada Batan. Sebab, potensi SDM maupun perlengkap­annya sangat maju. Selain itu, Batan bisa memberikan manfaat kepada dunia internasio­nal yang lebih luas.

Kepala PAIR Batan Totti Tjiptosumi­rat mengungkap­kan, kedatangan delegasi IAEA itu memiliki beberapa tujuan. Di antaranya, mengevalua­si proposal yang diajukan Batan ke IAEA. Proposal tersebut berisi permohonan supaya Batan menjadi collaborat­ing center (perwakilan) IAEA untuk wilayah Asia-Pasifik di bidang pemuliaan tanaman berbasis radiasi nuklir.

Saat ini, lanjut Totti, PAIR Batan sudah menghasilk­an sejumlah mutan tanaman unggul berbasis radiasi nuklir. Ada sorgum dengan batang kuntet atau pendek. Kemudian, kacang tanah yang di setiap polongnya ada tiga biji. Lalu, ada pula kedelai hitam unggulan Batan.( wan/c19/oki)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia