Jawa Pos

Beri Zaba Laga yang Istimewa

-

MANCHESTER – Etihad, Manchester, akan spesial pada dini hari nanti WIB. Sebab, Manchester City bakal menjalani laga menjamu West Bromwich Albions untuk berebut top

four. Laga itu juga spesial bagi bek kanan sekaligus vice captain Pablo Zabaleta.

Pasalnya, laga tersebut akan menjadi laga perpisahan Zaba –panggilan akrab Zabaleta– setelah sembilan tahun membela City. ”Ini akan jadi momen emosional bagi saya. Ini mungkin akan jadi laga terakhir saya dengan kostum City, di depan fans kami juga. Apresiasi mereka akan sangat masif,” kata Zabaleta dikutip ESPN.

” Terima kasih atas cinta dan dukungan mereka selama sembilan musim saya di klub ini,” lanjut bek berkebangs­aan Argentina itu. Zaba sudah masuk proyek revolusi pelatih Josep Guardiola pada musim depan. Zaba yang kontraknya berakhir pada 30 Juni bakal dilepas.

Selama berkarir di City, bek berusia 32 tahun itu sudah bermain dalam 229 laga Premier League. Namun, pemain yang sudah mengoleksi dua trofi Premier League tersebut mulai jarang mendapat kesempatan ber main. Musim ini, Zaba hanya 19 kali bermain di Premier League. Sebelas di antaranya sebagai starter. ”Sebagai pemain, saya sudah bisa melakukan apa yang harus dilakukan pemain bagi klubnya. Saya coba bermain sebaik-baiknya, memberi segalanya bagi tim saya. Karena itulah, ini akan menjadi momen yang sangat penuh emosi. Ini sesuatu yang saya sudah siapkan dan saya akan coba menikmatin­ya seperti anak yang masih berusia 10 tahun,” tutur Zaba.

Zaba dikenal memiliki tekling dan akurasi passing yang kuat. Namun, usia menggerogo­ti kemampuan Zaba. Dia semakin sulit mengimbang­i kecepatan lari striker-striker lawan. Meski demikian, kapten Vincent Kompany menyebut Zaba sebagai legenda City.

”Dia simbol dari apa yang disukai fans tentang City. Dia tangguh. Dia senang tantangan. Saat dia seakan sulit melewati tantangan itu, di akhir dia bisa jadi pemenang,” puji Kompany. ” Timing lari, kemampuan Zaba membaca pertanding­an akan selalu diingat,” tambah bek berkebangs­aan Belgia itu.

Selain Zaba, pemain lain yang masuk daftar lepas adalah Yaya Toure, Bacary Sagna, Gael Clichy, dan Willy Caballero. Tapi, hanya Zaba dan Caballero yang masih diberi kesempatan bermain pada pekan-pekan terakhir. (ren/c6/bas)

 ?? NIGEL RODDIS/EPA ?? AKHIR PENGABDIAN: Ekspresi kegembiraa­n Pablo Zabaleta setelah membobol gawang Watford (14/12).
NIGEL RODDIS/EPA AKHIR PENGABDIAN: Ekspresi kegembiraa­n Pablo Zabaleta setelah membobol gawang Watford (14/12).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia