Jawa Pos

Tiga Klub Penentu Pesta Juara La Liga

Real Madrid Cuma Butuh Empat Poin dari Dua Laga Sisa

-

MADRID – Tiga klub akan menentukan di manakah arak-arakan trofi La Liga dilangsung­kan musim ini. Di ibu kota Spanyol, Madrid, ataukah di kota sang rival, Barcelona.

Tiga klub itu adalah Celta Vigo, Malaga, dan Eibar. Mereka adalah para calon lawan Real Madrid dan Barcelona dalam sisa laga musim ini ( lihat grafis).

Hingga akhir jornada ke-37 kemarin dini hari WIB (15/5), Barcelona maupun Real Madrid mengoleksi jumlah angka sama, yakni 87 poin. Itu setelah mereka sama-sama membabat lawan masing-masing.

Di Santiago Bernabeu, Real Madrid menghajar sang tamu, Sevilla, 4-1. Sementara itu, di Gran Canaria, kandang Las Palmas, Barcelona membekuk tuan rumah juga dengan skor identik, 4-1. Yang membedakan kedua klub raksasa Spanyol itu adalah sisa jumlah laga. Barcelona tinggal menyisakan satu laga, sedangkan Real dua laga.

Real yang terakhir menjuarai La Liga pada musim 2011–2012 cuma butuh memetik empat angka saja dari dua laga tersebut untuk menjadi kampiun. Namun, kalau sampai pada akhir musim perolehan nilai Real sama dengan Barcelona, sang rival yang akan berpesta karena unggul head-to-head.

”Setiap hari kami kian dekat (dengan) pengujung musim. Dua laga tersisa akan kami lakoni dengan berusaha bisa tetap tampil terus seperti (melawan Sevilla) ini,” jelas Zinedine Zidane, pelatih Real Madrid, sebagaiman­a diberitaka­n Marca kemarin.

Dua dari empat gol melawan Sevilla itu dicetak Cristiano Ronaldo. Masing-masing pada menit ke-23dan78.Duagollain­nyadikontr­ibusikanNa­cho Fernandez(10’) danToniKro­os(84’). Satu-satunya gol Sevilla dilesakkan Stevan Jovetic (49’).

Mengenai pertanding­an versus tuan rumah Celta Vigo dini hari besok (18/5) di Stadion Balaidos, pria 44 tahun itu percaya diri tim asuhnya akan berlaga sesuai rencananya. Yakni, meraih tiga poin.

”Kami akan menghadapi Vigo dengan cara yang sama seperti yang kami lakukan. Hal yang bagus adalah (para pemain) bisa saling bergantian tampil dan kami dalam kondisi fisik yang bagus,” kata Zidane.

Dalam laga kemarin, dia memainkan skema 4-4-2, namun dengan beberapa perubahan. Karim Benzema, Luka Modric, Casemiro, Isco, dan Marcelo disimpan setelah bermain dalam second leg semifinal Liga Champions melawan Atletico Madrid pada Kamis (11/5). Sebagai gantinya, Alvaro Morata, James Rodriguez, Mateo Kovacic, dan Marco Asensio turun sebagai starter.

Real menekan Sevilla sejak pertanding­an dimulai. Mereka membukukan sepuluh tembakan dengan tujuh di antaranya on target. Sementara itu, Sevilla mencatat delapan tembakan dan enam di antaranya tepat sasaran.

Dalam pertanding­an kemarin, mental pemain Sevilla jatuh ketika bek Real Nacho membuat gol dengan cara yang tak biasa. Setelah Marco Asensio diganjal bek Sevilla Daniel Carrico, wasit Alberto Undiano memberikan tendangan bebas buat Real.

Belum sempat pemain Sevilla berdiri berjajar membangun pagar, bola yang sudah ditaruh Undiano di lokasi tendangan bebas langsung dieksekusi Nacho dan masuk. Kontan, para penggawa tim tamu langsung menyatakan protes keras.

Mantan wasit La Liga Andujar Oliver kepada Radio Marca kemarin mengungkap­kan, tak ada yang salah dengan gol kedua Nacho di La Liga musim ini tersebut. “Bola dalam kondisi tak bergerak ketika Nacho melakukan tembakan. Aksi Nacho ini sah, demikian pula keputusan Undiano yang menyatakan bola hasil sepakan Nacho sebagai gol,” ucap Oliver. (dra/c23/ttg)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia