Jawa Pos

Pasar Bonek Jadi Wadah Jualan

-

SAAT ini tidak terhitung betapa banyaknya industri kreatif yang mengkhusus­kan diri pada atribut Persebaya dan Bonek yang lahir. Dengan beragam tipe, desain, produk, serta kualitas, mereka lahir dengan satu benang merah: cinta kepada Persebaya.

Nah, ada di antara mereka yang hadir dengan modal besar dan lantas membuka toko dengan jumlah produksi yang banyak. Ada juga dengan dana minim dan memilih cara berjualan pre-order. Meski begitu, bisnis tersebut tidak pernah kehabisan pembeli. Selalu ada yang mencari.

Geliat tersebut semakin menebalkan solidarita­s di antara mereka. Karena itu, mereka lantas menyelaras­kan diri. Sekitar pertengaha­n 2012, lahirlah sebuah wadah, atau lebih tepatnya forum bernama Pasar Bonek, untuk menyelaras­kan mereka yang memiliki modal besar dengan yang bermodal cekak. Forum tersebut hadir membantu clothing, distro, atau usaha kreatif Bonek lainnya untuk dipromosik­an.

Caranya? Pasar Bonek hadir di media sosial. Melalui media tersebut, Bonek yang punya produk bisa menggungga­hnya, lantas ditautkan ke akun-akun Bonek yang lain. ’’Saat ini ada sekitar 130 merek yang tergabung dalam forum,’’ terang Koordianto­r Pasar Bonek Bambang Kristiono.

Rencananya, forum tersebut akan dijadikan paguyuban. Juga bakal dibuat Koperasi Pasar Bonek. Tidak ada syarat tertentu untuk bergabung. Semua Bonek yang memiliki usaha kreatif boleh bergabung.

’’Rencananya, kalau sudah berdiri Koperasi Pasar Bonek, kami nanti ingin turut membeli saham Persebaya. Itu sebagai wujud keseriusan kami untuk turut menghidupi Persebaya,’’ tegas Bambang.

Tetapi, itu masih mimpi jangka panjang. Untuk jangka pendeknya, Pasar Bonek mengharapk­an adanya kerja sama yang saling menguntung­kan dengan manajemen lewat Persebaya Store. ( rid/c4/fim)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia