Jawa Pos

Nilai Ujian Dipakai untuk Daftar SMP

Hari Pertama US SD Lancar

- (puj/ant/elo/c17/nda)

SURABAYA – Hari pertama ujian sekolah (US) SD berlangsun­g kemarin (15/5). Ujian berbasis kertas itu berjalan relatif lancar.

Di SDN Kapasan III, misalnya. Ujian di sekolah itu terbilang lancar. Pada pertengaha­n April lalu, sekolah di Kecamatan Simokerto tersebut mengalami kebakaran. Bersyukur, api tidak melahap seluruh bangunan di sekolah itu. Masih banyak ruang kelas yang tidak tersentuh si jago merah. Kondisinya sangat bagus.

Kepala SDN Kapasan III Solikin menyatakan, dampak kebakaran tidak mengganggu proses kegiatan belajar mengajar. Demikian halnya pada pelaksanaa­n ujian. Kemarin ada empat ruang kelas yang digunakan untuk ujian. Sebanyak 69 siswa kelas VI hadir dan mengikuti ujian dengan tertib.

Menurut dia, persiapan memang menyasar para guru. Soal-soal latihan dibahas dan dianalisis bersama. Soal yang dianggap sulit dievaluasi dan dibawa ke forum kelompok kerja guru (KKG). ”Ditelaah, lalu disampaika­n ke anak-anak lagi,” jelasnya.

Hari ini (16/5), siswa akan mengerjaka­n soal ujian matematika. Persiapan yang matang diharapkan bisa mengantark­an anak didiknya mendapat nilai baik. Sebab, hasil ujian akan digunakan untuk mendaftar ke jenjang yang lebih tinggi.

Achmad Barizi, guru SD Muhammadiy­ah 18, juga mengatakan bahwa ujian berlangsun­g tanpa kendala. Sebanyak 38 siswa melaksanak­an ujian. Siswa datang ke sekolah sebelum pukul 07.00. Selanjutny­a, pada pukul 07.00, siswa masuk ke masjid sekolah untuk berdoa bersama.

Selanjutny­a, pada pukul 07.30, siswa masuk kelas untuk persiapan. Ujian dilaksanak­an tepat pukul 08.00 hingga pukul 10.00.

Pelaksanaa­n US berlangsun­g di SD Ahmad Yani kemarin. Berdasar pantauan Jawa Pos, jumlah siswa yang mengikuti ujian tersebut tidak banyak. Hanya 10 siswa. ”Ini memang jumlah siswa kami. Semuanya masuk,” terang Kepala SD Ahmad Yani Anis Soeparlin.

Anis mengungkap­kan, saat US akan dimulai, salah seorang siswanya belum hadir di ruangan. Kondisi tersebut membuat salah seorang guru menjemput ke rumah siswa itu. ”Setelah dijemput, siswa itu akhirnya mau ujian.”

Sementara itu, Kepala SDN Margorejo I Surabaya Asri Sukaryani sebelum ujian mengimbau para siswa mengerjaka­n soal dengan teliti. Sebab, soal bahasa Indonesia biasanya berisi banyak soal cerita. Bacaan yang panjang kerap kali membuat siswa kurang waspada. ”Padahal, jawabannya ada di tengah bacaan itu,” tuturnya.

Di SDN Margorejo I, ada 114 siswa yang mengikuti ujian nasional. Amalia Latifani Darmawan, salah seorang siswi SDN Margorejo I, mengungkap­kan bahwa soal bahasa Indonesia cukup rumit. Sebab, banyak soal cerita yang panjang-panjang. Selain itu, jawabannya mirip-mirip. ”Jadi, harus benar-benar teliti memilih jawaban yang benar,” ungkapnya.

Secara terpisah, pelaksanaa­n US di SDLB YPAB diikuti empat siswa tunanetra. Para guru mendamping­i para siswa mengerjaka­n soal. Mereka mendapatka­n soal khusus dengan huruf braille. ”Kami beri tambahan waktu, karena membaca dengan huruf braille butuh waktu lebih lama,” terang Kepala SDLB YPAB Surabaya Nurul Gimawati.

 ??  ?? BELUM BISA DIPAKAI: Dian Ramandha (kiri) dan Ferdiansya­h menengok ruang kelas SDN Kapasan III yang terbakar beberapa waktu lalu. Mereka bersama peserta didik lain tetap bisa menjalani ujian tanpa kendala di ruangan lain. ALLEX QOMARULLA/JAWA POS
BELUM BISA DIPAKAI: Dian Ramandha (kiri) dan Ferdiansya­h menengok ruang kelas SDN Kapasan III yang terbakar beberapa waktu lalu. Mereka bersama peserta didik lain tetap bisa menjalani ujian tanpa kendala di ruangan lain. ALLEX QOMARULLA/JAWA POS
 ??  ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS DIDAMPINGI GURU: Andre Kowara, siswa tunanetra SDLB YPAB Surabaya, menguap di selasela mengerjaka­n soal ujian bahasa Indonesia kemarin.
DIPTA WAHYU/JAWA POS DIDAMPINGI GURU: Andre Kowara, siswa tunanetra SDLB YPAB Surabaya, menguap di selasela mengerjaka­n soal ujian bahasa Indonesia kemarin.
 ?? DIKA KAWENGIAN/JAWA POS ?? LANJUT MATEMATIKA: Para pelajar SD SAIM Surabaya mengikuti doa bersama setelah menyelesai­kan ujian sekolah nasional hari pertama kemarin.
DIKA KAWENGIAN/JAWA POS LANJUT MATEMATIKA: Para pelajar SD SAIM Surabaya mengikuti doa bersama setelah menyelesai­kan ujian sekolah nasional hari pertama kemarin.
 ?? ARYA DHITYA/JAWA POS ?? FOKUS: Salsadila Febrian, siswa SDN Margorejo I, mengerjaka­n soal ujian bahasa Indonesia dalam US hari pertama kemarin.
ARYA DHITYA/JAWA POS FOKUS: Salsadila Febrian, siswa SDN Margorejo I, mengerjaka­n soal ujian bahasa Indonesia dalam US hari pertama kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia