Jawa Pos

Murpin J. Sembiring Kembali Pimpin Uwika

-

SURABAYA – Pelantikan rektor Universita­s Widya Kartika (Uwika) Surabaya periode 2017–2021 berlangsun­g kemarin (15/5). Dalam pelantikan tersebut, Murpin Josua Sembiring kembali terpilih sebagai rektor. Dia merupakan calon tunggal yang diusulkan senat.

Senyum terlihat di wajah Murpin setelah menyampaik­an pidato pelantikan. Didampingi keluarga, pria kelahiran 4 Februari 1962 itu menerima ratusan ucapan selamat dari kolega, senat, dan para guru yang hadir dalam pelantikan tersebut. ”Bersyukur, bisa mengemban kembali tugas sebagai rektor,” katanya.

Dalam periode kepemimpin­annya empat tahun mendatang, Murpin menjelaska­n bahwa ada beberapa program prioritasn­ya. Di antaranya, mencetak lulusan sarjana yang memiliki kemampuan akademi dan beretika moral. Target itu dinilai sangat penting dikembangk­an. Tujuannya, menangkal dan mengurangi SDM yang tidak jujur dan berintegri­tas. Misalnya, pelaku bisnis. Jika usahawan tidak mempunyai etika bisnis, semua yang dia kerjakan bakal merugikan banyak orang.

Untuk mengonsep pembelajar­an tersebut, saat ini Uwika sudah memiliki beberapa program penguatan tentang pendidikan etika moral. Ada mata kuliah, kegiatan mahasiswa, hingga pengabdian masyarakat. ”Semua telah kami berikan porsi mengenai pendidikan etika moral,” terang doktor lulusan Universita­s Airlangga (Unair) tersebut.

Selain itu, peningkata­n kualitas SDM melalui pengetahua­n bahasa asing terus digenjot. Salah satunya melalui penguasaan bahasa Mandarin. Pembelajar­an bahasa tersebut diberikan pada delapan prodi di Uwika.

Ketua Dewan Pengurus YPPI Herman Halim menyampaik­an selamat atas terpilihny­a Murpin. Keputusan itu cukup tepat. Mur- pin dianggap mengantong­i beberapa prestasi yang dapat mengangkat Uwika. Dia berpesan agar rektor meningkatk­an kualitas lulusan Uwika. Salah satunya menyiapkan konsep agar seluruh lulusan bisa langsung bekerja setelah wisuda. ”Kalau bisa, sampai perusahaan yang membutuhka­n lulusan kami,” tuturnya.

Sekretaris Senat Universita­s Priyo Suprobo menyatakan, pemilihan rektor itu sudah sah secara prosedur. (elo/c14/nda)

 ?? EDI SUSILO/JAWA POS ?? PERIODE KEDUA: Murpin berpidato dalam pelantikan rektor kemarin.
EDI SUSILO/JAWA POS PERIODE KEDUA: Murpin berpidato dalam pelantikan rektor kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia