Jawa Pos

Buah Latihan Keras dan Disiplin

-

KIPRAH Voice of Smantigda (VOS), grup paduan suara SMAN 3 Sidoarjo, patut diacungi jempol. Pada 12–14 Mei lalu, mereka menyabet penghargaa­n The Best Compulsory Song karena berhasil membawakan lagu berjudul History karya F.A. Warsono secara apik. Mereka tampil pada kompetisi paduan suara tingkat Provinsi Jawa Timur yang berlangsun­g di Universita­s Surabaya (Ubaya).

Bukan hanya itu. Mereka juga mengoleksi gelar Best Conductor Mixed Youth berkat aksi konduktor Alfredo Leonard Pelupessy. Prestasi lainnya adalah Second Place Mixed Youth Choir. Sebanyak 34 siswa VOS tampil selama tiga hari. ” Yang mengesanka­n itu tampil pada panggung grand champion pada hari terakhir, sehari setelah pengumuman juara,” kata Ketua VOS Nabila Maulidina.

Mereka tampil dengan menggunaka­n pakaian adat Minang. Hal itu menyesuaik­an lagu, yakni tari indang. Prestasi yang mereka raih bukan itu saja. Di antaranya, silver certificat­e lomba paduan suara di Universita­s Ciputra pada 2015, silver certificat­e lomba paduan suara di Universita­s Airlangga pada 2016, juara lomba paduan suara Kodim Sidoarjo, serta juara pada kompetisi paduan suara di Korem 084/Bhaskara Jaya pada 2016.

Perjuangan mereka untuk mendapatka­n banyak penghargaa­n tersebut tidak mudah. Latihan rutin di lakukan pada Jumat setelah pulang sekolah. Saat mendekati waktu kompetisi, latihan bisa setiap hari. ”Latihannya pindah-pindah, kadang juga di kelas atau di halaman sekolah,” terang Kepala SMAN 3 Sidoarjo Eko Redjo Sunariyant­o.

Latihan di luar ruangan menjadi cara VOS untuk melatih mental. Jadi, mereka terbiasa tampil di depan umum. Selain itu, mereka berlatih bersama di car free day di Alun-Alun Sidoarjo. Berlatih di luar ruangan juga bermanfaat melatih suara menjadi lantang dan keras tidak terbatas dinding.

Agar tampil maksimal, mereka selalu berlatih tepat waktu full team. Sebab, pengaturan suara pada tim akan berubah ketika ada yang tidak datang. ”Jadi, suaranya bisa sesuai saat latihan, kekompakan tim pun terjaga,” ujar guru pembimbing VOS Sri Wahyuning Ari.

Di balik suka duka mengikuti paduan suara, Nabila mengungkap­kan, dirinya senang bisa tampil meski harus belajar dari awal dan membutuhka­n waktu lama. Setiap anggota VOS sebelum tampil bersama harus belajar teori.

”Belajar baca partitur mungkin sekitar sebulan, setelah itu lanjut belajar lainnya. Mungkin sekitar dua bulan baru bisa mulai tampil paduan suara,” kata Nabila. ( uzi/c25/dio)

 ?? DOKUMEN VOS ?? LANGGANAN JUARA: Tim VOS menjelang tampil di Festival Paduan Suara di Universita­s Surabaya beberapa waktu lalu.
DOKUMEN VOS LANGGANAN JUARA: Tim VOS menjelang tampil di Festival Paduan Suara di Universita­s Surabaya beberapa waktu lalu.
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia