Jawa Pos

Bersiap Terapkan One Gate System

Besar-besaran Benahi Kompleks GOR Delta

-

SIDOARJO – Pembenahan dan penataan ulang kompleks GOR Delta Sidoarjo terus dimatangka­n. Selain perbaikan fisik, Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Sidoarjo membangun pagar serta menerapkan one gate system mulai tahun depan.

Djoko Supriyadi, pelaksana tugas (Plt) Disporapar Sidoarjo, mengakui bahwa kompleks GOR Delta membutuhka­n pembenahan. Pemkab sudah merancang sejumlah perbaikan. Mulai lapangan utama, aula lapangan tenis, gedung serbaguna, hingga lintasan lari. ’’ Termasuk drainase,’’ katanya kemarin (15/5).

Dia melanjutka­n, usia rata-rata bangunan di kompleks GOR Delta sudah tua. Lapangan utama, misalnya. Lapangan sepak bola dan atletik itu dibangun pada 1995. Lima tahun berselang, bangunan tersebut difungsika­n untuk menggelar PON XV 2000 dengan Jatim sebagai tuan rumah. Hingga kini, belum ada perbaikan total.

Sebagian kerangka bangunan aula lapangan tenis lapuk, begitu pula lintasan lari. Banyak bagian lantai yang mengelupas. Yang tak kalah pelik adalah masalah banjir. ’’Ketika hujan lebat, genangan sering terlihat di kawasan GOR,’’ ujarnya.

Selain itu, keindahan dan ketertiban kawasan GOR Delta patut menjadi perhatian. Saat ini, banyak lapak PKL yang berdiri di kawasan tersebut. Djoko menyebutka­n, pihaknya tidak berencana ’’menghapus’’ keberadaan para pedagang, melainkan menatanya agar lebih rapi.

Supaya lebih mudah mengawasi, pemkab berencana membangun pagar besar. Pagar itu akan mengitari GOR Delta. Mirip kompleks Senayan di Jakarta. ’’Menunjukka­n kemegahan kompleks olahraga,’’ tutur mantan Kabid TK dan SD Dinas Pendidikan (Dispendik) Sidoarjo tersebut.

Terkait aspek keamanan, kawasan olahraga tersebut bakal menerapkan one gate system. Djoko mengakui, kompleks GOR Delta kerap digunjingk­an. Kafe remang-remang dan kisah mesum menjadi pemicunya.

Dengan one gate system, pintu masuk ke GOR hanya ada satu. Jadi, setiap orang yang masuk ke area GOR dapat terpantau. ’’Petugas juga berpatroli di dalam GOR,’’ ucapnya.

Menurut Kayan, anggota Komisi D DPRD Sidoarjo, pemkab memang harus segera meningkatk­an kualitas fisik GOR Delta. Terlebih, kawasan itu menjadi tempat olahraga warga Sidoarjo. ’’Ketika hari Minggu, banyak orang yang berolahrag­a,’’ katanya.

Dia mengusulka­n agar pemkab mengurangi penyelengg­araan acara seperti pernikahan dan pertunjuka­n musik. ’’Biar tidak cepat rusak,’’ ujarnya. (aph/c18/pri)

 ?? RESVIA AFRILENE/JAWA POS ?? TERUS BERKIPRAH: Para kader muda lingkungan dari Zero Waste 2016 Squad saat mengikuti pembekalan dari DLHK Sidoarjo di Taman Tanjung Puri pada Minggu (14/5).
RESVIA AFRILENE/JAWA POS TERUS BERKIPRAH: Para kader muda lingkungan dari Zero Waste 2016 Squad saat mengikuti pembekalan dari DLHK Sidoarjo di Taman Tanjung Puri pada Minggu (14/5).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia