Jawa Pos

Bongkar Aspal Bobrok Jalan Daendels

-

GRESIK – Kerusakan ruas Jalan Daendels terus mendapat perhatian. Setelah Betoyo–Manyar sepanjang 2,5 kilometer tuntas, Balai Besar Pelaksanaa­n Badan Jalan (BBPJN) VIII memperbaik­i titik-titik kerusakan di akses nasional tersebut. Permukaan aspal yang rusak dibongkar dan diganti dengan hot mix.

’’ Ini dilakukan secara kondisiona­l. Hanya bagian yang rusak yang di bongkar,’’ kata mandor pelaksana proyek Suwandi kemarin ( 15/ 5).

Perbaikan Jalan Daendels itu dilakukan kontraktor PT Cahya Indah. Kemarin permukaan

aspal yang rusak di wilayah Banyutami, Manyar, dibongkar. Jalan terlihat rusak dan bergelomba­ng. Alat berat membongkar permukaan aspal sampai kedalaman 40 sentimeter dan lebar rata-rata 2,5 meter. Pembongkar­an aspal lama dilakukan sepanjang 20 meter. Setelah dibongkar, lubang jalan ditimbun dengan agregat kelas A, lalu dipasangi beton. Lapisan paling atas adalah aspal. ’’Aspal lama yang tidak layak dibongkar dan diganti aspal baru,’’ jelas Suwandi.

Kabid Pembanguna­n BBPJN VIII Achmad Subki menyatakan, rekondisi Jalan Daendels tersebut merupakan bagian dari proyek jalan pantura (Manyar–Sadang). Proyek itu dikerjakan hingga Desember 2017.

Kementeria­n PUPR menggunaka­n sistem kontrak long segment. Hingga akhir 2017, kontraktor akan terus memperbaik­i akses tersebut. Hal itu dilakukan untuk menyiasati keterbatas­an anggaran dari pusat. (mar/c5/roz)

 ?? UMAR WIRAHADI/JAWA POS ?? REKONDISI: Pekerja proyek membongkar aspal kawasan Jalan Daendels kemarin.
UMAR WIRAHADI/JAWA POS REKONDISI: Pekerja proyek membongkar aspal kawasan Jalan Daendels kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia