Jawa Pos

Kholipah Sendirian Hadapi Ujian Sekolah

-

MOJOKERTO – Pelaksanaa­n ujian sekolah (US) di SDN Tanjungken­ongo 2, Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, kemarin (15/5) terlihat istimewa. Sebab, hanya seorang siswa yang menjadi peserta. Dia adalah Kholipah

Meski hanya terdapat peserta tunggal, tidak ada perlakuan istimewa kepada siswi 12 tahun itu. ”Pelaksanaa­nnya sama dengan SD yang lain. Meski hanya satu siswa, aturannya tetap dijaga dua pengawas,” kata Kepala SDN Tanjungken­ongo 2 Suharno.

Selama enam tahun Kholipah memang menempuh kegiatan belajar-mengajar (KBM) sendirian. Mulai kelas I sampai VI. Suharno menjelaska­n, kondisi sekarang memang lebih memprihati­nkan. Tahun lalu ada enam siswa yang menempuh US di sekolah tersebut.

Jawa Pos Radar Mojokerto melaporkan, selama beberapa tahun terakhir SDN Tanjungken­ongo 2 kekurangan siswa. Pada tahun pelajaran ini SD itu hanya memiliki tujuh siswa. Di kelas I dan II tidak ada siswa alias kosong. Di kelas III terdapat 3 siswa, kelas IV ada 2 siswa, sedangkan kelas V dan VI masing-masing 1 siswa.

SDN Tanjungken­ongo 2 memiliki sepuluh guru, termasuk kepala sekolah. Enam di antaranya berstatus pegawai negeri sipil (PNS). Sedangkan empat lainnya adalah guru tidak tetap (GTT). Sekolah tersebut hanya memiliki tiga ruang kelas. Dua ruangan dijadikan KBM, sedangkan satu ruangan untuk kantor guru.

Kurangnya murid di sekolah itu dipicu minimnya anak usia SD di desa tersebut. Selain itu, minat masyarakat untuk menyekolah­kan anaknya rendah. Suharno mengaku sudah berkoordin­asi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto. Solusinya, SDN Tanjungken­ongo 2 disiapkan sebagai kelas jauh dari SDN Tenjungken­ongo 1.

KBM tetap berjalan sebagaiman­a biasa. Namun, secara struktur organisasi, SDN Tanjungken­ongo 2 akan berinduk ke SDN Tanjungken­ongo 1. ”Sekolah dan siswanya tetap. Tapi, kepala sekolah dan gurunya nanti dirangkap menjadi satu di sana (SDN Tanjungken­ongo 1, Red).” (ram/abi/c9/ca)

 ?? JAWA POS RADAR MOJOKERTO ?? DIJAGA DUA GURU: Kholipah menjadi satu-satunya peserta ujian sekolah di SDN Tanjungken­ongo 2, Pacet, Mojokerto, kemarin.
JAWA POS RADAR MOJOKERTO DIJAGA DUA GURU: Kholipah menjadi satu-satunya peserta ujian sekolah di SDN Tanjungken­ongo 2, Pacet, Mojokerto, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia