Jawa Pos

Cegah dan Hentikan Gesekan Antarkelom­pok

Jokowi Temui Tokoh Lintas Agama

-

JAKARTA – Tingginya tensi politik yang dipicu pilkada terjadi di banyak daerah. Ancaman gesekan bernuansa suku, agama, ras, dan antargolon­gan (SARA) kian terlihat nyata.

Pemerintah pun berusaha meredamnya. Salah satu langkah yang ditempuh Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah mengundang para tokoh lintas agama kemarin (16/5). Pertemuan di Istana Merdeka itu menghasilk­an komitmen dari organisasi­organisasi keagamaan untuk menjaga umat masingmasi­ng agar tetap bersatu sebagai bangsa.

’’Saya berterima kasih atas komitmen semua umat beragama untuk terus menjaga persatuan, persaudara­an, perdamaian, dan toleransi antarumat, kelompok, serta golongan,’’ ujar Jokowi kemarin.

Ada delapan unsur pimpinan organisasi keagamaan yang hadir dalam pertemuan tertutup selama sejam kemarin. Mereka adalah Ketua Umum MUI KH Ma’ruf Amin, Sekjen PB NU Helmy Faishal Zaini, serta Ketua Majelis Hukum dan HAM PP Muhammadiy­ah Syaiful Bakhri.

Selanjutny­a, Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Ignatius Suharyo Hardjoatmo­djo, Ketua Persekutua­n Gereja-Gereja Indonesia (PGI) Henriette T. Hutabarat, Ketum Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Wisnu Bawa Tenaya, Ketua Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Hartati Murdaya, serta Ketua Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin) Uung Sendana.

Jokowi tidak menampik beberapa waktu belakangan muncul gesekan antarkelom­pok masyarakat di sejumlah tempat. Dia meminta gesekan tersebut segara dihentikan. ’’Jangan saling menghujat, saling menjelekka­n, saling fitnah, dan saling menolak karena kita ini bersaudara,’’ katanya.

Ketua Umum MUI KH Ma’ruf Amin menuturkan akan melakukan sejumlah langkah untuk menindakla­njuti komitmen tersebut. ’’Dengan dialog kebangsaan, halaqah kebangsaan di masing-masing majelis agama dan ormas keagamaan.” (byu/c5/owi)

 ?? RAKA DENNY/JAWAPOS ?? TATAPAN TOLERANSI: Dari kiri, Wisnu Bawa Tenaya, Ignatius Suharyo, Hartati Murdaya, Uung Sendana, KH Ma’ruf Amin, dan Presiden Jokowi di Istana Merdeka kemarin (16/5).
RAKA DENNY/JAWAPOS TATAPAN TOLERANSI: Dari kiri, Wisnu Bawa Tenaya, Ignatius Suharyo, Hartati Murdaya, Uung Sendana, KH Ma’ruf Amin, dan Presiden Jokowi di Istana Merdeka kemarin (16/5).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia