Jawa Pos

Bapilu Jadi Modal Menuju 2019

Rapimnas Partai Golkar di Balikpapan

-

JAKARTA – Partai Golongan Karya (Golkar) mulai mempersiap­kan langkah menuju Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2019. Salah satunya dengan membentuk badan pemenangan pemilu (bapilu).

Pembentuka­n Bapilu Partai Golkar menjadi salah satu agenda penting yang dibahas dalam rapat pimpinan nasional (rapimnas) pada 21–23 Mei di Balikpapan. Seluruh perwakilan DPD I se-Indonesia dijadwalka­n hadir dalam rapimnas.

Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto menyatakan, pembentuka­n bapilu menjadi salah satu modal Partai Golkar untuk bisa meraih hasil signifikan dalam Pemilu 2019. Bapilu juga bekerja untuk mendukung pemenangan pilkada serentak 2018.

”Akan dibahas strategi menghadapi pilkada 2018, termasuk Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2019,” kata Setnov saat berkunjung ke Graha Pena Jawa Pos di Jakarta kemarin (16/5). Dalam kunjungan tersebut, Setnov didampingi Bendahara Umum Partai Golkar Robert Kardinal dan beberapa ketua DPP Golkar seperti Roem Kono, Yahya Zaini, dan Nurul Arifin.

Menurut Setnov, pada pilkada 2018, di antara 171 daerah, Partai Golkar mampu mengusung calon sendiri di 29 daerah. Namun, posisi itu tidak akan membuat partai berlambang pohon beringin tersebut jemawa. Setnov menyatakan bahwa Partai Golkar akan tetap berkoalisi dengan partai lain. ”Untuk pilkada 2018 ini memang harus hati-hati, jangan sampai salah pilih,” tegasnya.

Pengaruh kontestasi pilkada DKI Jakarta atau kasus Basuki Tjahaja Purnama, lanjut dia, bisa jadi berimbas pada daerah lain. Partai Golkar berharap isu fragmentas­i sosial tersebut bisa mereda. Dengan begitu, pertarunga­n dalam pilkada tidak didominasi politik identitas berbasis suku, agama, ras, dan antar golongan. ”Pilkada seharusnya menjadi pertarunga­n ide dan gagasan,” kata ketua DPR itu. (bay/c7/fal)

 ?? HENDRA EKA/JAWA POS ?? BIDIK KEMENANGAN: Ketua DPR yang juga Ketua Umum Golkar Setya Novanto (dua dari kanan) bermain biliar ditemani Direktur JPNN Auri Jaya (kanan) saat berkunjung ke Graha Pena Jakarta kemarin (16/5).
HENDRA EKA/JAWA POS BIDIK KEMENANGAN: Ketua DPR yang juga Ketua Umum Golkar Setya Novanto (dua dari kanan) bermain biliar ditemani Direktur JPNN Auri Jaya (kanan) saat berkunjung ke Graha Pena Jakarta kemarin (16/5).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia