Jawa Pos

AJAK HIJAUKAN SAMPANG

Djarum Foundation Tanam Trembesi 296 Km Lingkar Pulau Madura

-

PENGHIJAUA­N lingkar Pulau Madura terus bergulir. Melalui program Djarum Trees for Life (DTFL) yang digagas Djarum Foundation, aksi ’’Penanaman Trembesi di 296 Km Lingkar Pulau Madura’’ kini memasuki Kabupaten Sampang. Seremoni penanaman yang dilangsung­kan di tengah Kota Sampang mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terlibat dalam upaya pelestaria­n lingkungan secara bersama-sama.

Upaya untuk menghijauk­an ’’Pulau Garam’’ tersebut dimulai Djarum Foundation sejak awal 2016 dengan titik penanaman pertama di Kabupaten Bangkalan. Program Djarum Trees for Life menargetka­n menanam total 15.000 pohon trembesi di sepanjang 296 km lingkar Pulau Madura.

Vice President Djarum Foundation FX Supanji menyatakan, program ’’Penghijaua­n 296 Km Lingkar Pulau Madura’’ merupakan bagian dari rangkaian program Djarum Trees for Life yang ingin mengajak masyarakat Sampang untuk mengurangi efek pemanasan global serta menciptaka­n lingkungan yang bersahabat bagi Indonesia pada masa depan.

’’Kita sadar betul bahwa kualitas lingkungan dan ekosistem hijau sekitar kita semakin mengalami penurunan. Inisiatif ini tidak lain ingin mengajak seluruh masyarakat, khususnya saat ini di Sampang, untuk ikut serta berpartisi­pasi langsung mengupayak­an penghijaua­n.

’’Setidaknya dari wilayah terdekat, yaitu dimulai dari lingkungan­nya sendiri,’’ ujar FX Supanji setelah seremoni di area kantor bupati Sampang, Madura, Selasa (9/5).

Sejak dimulai dari penanaman pertama di Kabupaten Bangkalan hingga kini masuk Kabupaten Sampang, telah ditanam sekitar 10.000 pohon trembesi dengan 200 km jarak yang telah terlampaui. Penanaman trembesi ditargetka­n rampung di seluruh lingkar Pulau Madura pada akhir 2017.

Djarum Foundation juga akan merawat pohonpohon itu hingga 2019. Seluruh pohon trembesi yang ditanam di lingkar Pulau Madura diharapkan mampu menyerap hingga 427.500 ton CO2 setiap tahun.

Untuk mewujudkan hal tersebut, selain menanam pohon trembesi, Djarum Foundation telah memberikan bantuan berupa bibit tanaman untuk ditanam secara mandiri oleh masyarakat Sampang. Yakni, 700 bibit trembesi, 350 bibit srikaya, dan 350 bibit kelengkeng.

Bibit-bibit tersebut diberikan Djarum Foundation kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Sampang. Pemberian bibit itu diharapkan bisa membantu pemerintah setempat dan warga pada umumnya untuk memulai upaya pelestaria­n lingkungan dengan menanam pohon.

Beberapa tokoh daerah hadir dalam seremoni penanaman tersebut, yakni oleh Wakil Bupati Sampang H Fadhilah Budiono beserta para tokoh pimpinan pondok pesantren di Kabupaten Sampang. Turut hadir dan membangkit­kan kemeriahan acara penyanyi Kristina dan Ayu Lia KDI. Keduanya sekaligus menjadi Duta Penghijaua­n Djarum Foundation. Dalam seremoni tersebut, seluruh tokoh dan artis yang hadir turut serta melakukan penanaman di lokasi acara.

Fadhilah menyambut baik upaya pelestaria­n yang dilakukan Djarum Foundation di Pulau Madura. Dia mengatakan, pemerintah daerah Kabupaten Sampang juga memiliki visi serupa terkait dengan perbaikan lingkungan. Meski demikian, menurut dia, upaya penghijaua­n tidak akan bisa berhasil jika hanya dilaksanak­an sepihak oleh pemerintah.

’’Upaya untuk menjaga kelestaria­n lingkungan memiliki banyak sekali tantangan dari segi apa pun. Dibutuhkan peran dari kita semua. Tiga pilar, yakni pemerintah, swasta, dan masyarakat,’’ ungkapnya. (tih/c15/wir)

 ??  ?? RINDANG: Trembesi usia 7 tahun di sepanjang Kudus - Semarang meneduhkan jalur Pantura Jawa.
RINDANG: Trembesi usia 7 tahun di sepanjang Kudus - Semarang meneduhkan jalur Pantura Jawa.
 ??  ?? SAMBUT BAIK: Wakil Bupati Sampang H. Fadhilah Budiono memberikan apresiasi program penanaman Trembesi sepanjang 296 km lingkar Pulau Madura.
SAMBUT BAIK: Wakil Bupati Sampang H. Fadhilah Budiono memberikan apresiasi program penanaman Trembesi sepanjang 296 km lingkar Pulau Madura.
 ??  ?? CANGKUL: Ayu Lia KDI menyerahka­n bantuan alat tanam kepada Camat Robatal, Kusairi.
CANGKUL: Ayu Lia KDI menyerahka­n bantuan alat tanam kepada Camat Robatal, Kusairi.
 ??  ?? VISI LINGKUNGAN: Penyanyi Kristina menyerahka­n bantuan bibit Trembesi kepada Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sampang, Ir Hari Soeyanto MM.
VISI LINGKUNGAN: Penyanyi Kristina menyerahka­n bantuan bibit Trembesi kepada Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sampang, Ir Hari Soeyanto MM.
 ??  ?? HIJAU: Pembibitan Trembesi yang dilakukan oleh Djarum Foundation di Pusat Pembibitan Tanaman, Kudus, Jawa Tengah.
HIJAU: Pembibitan Trembesi yang dilakukan oleh Djarum Foundation di Pusat Pembibitan Tanaman, Kudus, Jawa Tengah.
 ??  ?? BERKERINGA­T: Penyanyi Kristina turut menanam Trembesi di sepanjang Pantai Camplong, Sampang, Madura.
BERKERINGA­T: Penyanyi Kristina turut menanam Trembesi di sepanjang Pantai Camplong, Sampang, Madura.
 ??  ?? TERJAGA: Djarum Foundation juga melakukan perawatan pada seluruh Trembesi yang ditanam.
TERJAGA: Djarum Foundation juga melakukan perawatan pada seluruh Trembesi yang ditanam.
 ??  ?? SEGAR: Ayu Lia KDI menyirami Trembesi yang baru ditanamnya.
SEGAR: Ayu Lia KDI menyirami Trembesi yang baru ditanamnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia